Mengenang Kisah Foto Kakek Berpeci Hitam yang Selalu Ada di Rumah Makan Padang

Mengenang Kisah Foto Kakek Berpeci Hitam yang Selalu Ada di Rumah Makan Padang

Syech Kiramatulla Ungku Saliah-Foto: Internet-

RADARLEBONG.ID- Ketika mengunjungi rumah makan padang, biasanya kamu hanya akan memperhatikan menu makanan, ketersediaan tempat duduk, atau mungkin harganya bila tertera.

Namun, ada satu hal lain yang mungkin luput dari penglihatan kamu, yaitu foto seorang kakek berpeci hitam, berjanggut, dan mengenakan sarung kotak-kotak di lehernya.

Menariknya, bila kamu mendatangi rumah makan padang di kota asalnya, foto tersebut kemungkinan akan lebih sering terlihat, seakan menyambut kedatangan para pelanggan. 

Apakah itu artinya pemilik dari rumah makan padang tersebut adalah sang kakek? Jawabannya adalah tidak, karena foto tersebut kemungkinan besar terpajang di seluruh warung makan padang yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:Data Provinsi dengan Perokok Terbanyak, Cek Disini

Lantas, siapa sosok yang terbingkai dalam pigura foto tersebut? Ya, dia adalah Ungku Saliah, seorang ulama yang begitu dihormati masyarakat Sumatera Barat.

Ungku Saliah atau bernama lengkap Syech Kiramatulla Ungku Saliah, merupakan seseorang yang dilahirkan di Pariaman, Sumatera Barat, pada tahun 1887-an.

Dibesarkan dalam lingkungan dengan agama yang kuat, membuat dirinya mendapatkan gelar Saliah dari sang guru; karena menjadi anak yang rajin belajar dan beribadah. Gelar tersebut dia dapatkan ketika sedang mempelajari ilmu tarekat.

Konon, semasa hidupnya, Ungku Saliah memiliki berbagai keistimewaan hingga akhirnya dijuluki sebagai Wali Songo dari Sumatera.

BACA JUGA:Secara Keilmuan, Keistimewaan Air Zamzam, Bisa Menyembuhkan dari Berbagai Penyakit Atas Izin Allah

Menurut penuturan para pengikutnya, yang dikutip dari berbagai sumber, mengatakan bahwa dia dapat menyembuhkan orang yang sakit dengan cara yang tak biasa.

Ketika akan mengobati seseorang, sang kakek akan mengambil sembarang barang; seperti daun, rumput, batu, dan lainnya untuk diberikan dan dijadikan obat penyembuh penyakit tersebut. Ajaibnya, tidak berlangsung lama orang tersebut akan sembuh.

Selain itu, cerita lainnya juga mengatakan bahwa Ungku Saliah dapat membelah diri dan menghadiri acara di beberapa tempat sekaligus.

Tak berhenti sampai di situ, Ungku Saliah yang menganut mazhab Syafi’i ini juga dikatakan pernah menghalau banjir hanya dengan melemparkan batu kecil yang menyebabkan aliran air tersebut berubah arah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: