Secara Keilmuan, Keistimewaan Air Zamzam, Bisa Menyembuhkan dari Berbagai Penyakit Atas Izin Allah

Secara Keilmuan, Keistimewaan Air Zamzam, Bisa Menyembuhkan dari Berbagai Penyakit Atas Izin Allah

Manfaat Air Zamzam-Foto: Internet-

RADARLEBONG.ID- Sumur Zamzam di Mekkah diketahui sudah berusia 4.000 tahun dan air Zamzam menjadi salah satu buah tangan yang wajib dibawa kembali ke Tanah Air sepulang melakukan ibadah haji.

Profesor geologi dan sumber daya air di Institut Penelitian Afrika Abbas Sharaqi mengatakan, sumur Zamzam di Mekkah tidak pernah kering karena terhubung dengan air tanah terbarukan. Karena itu, air Zamzam ini dianggap berkah bagi umat Islam. 

Seperi diketahui, Sumur Zamzam berasal dari zaman Ismail Ibnu Ibrahim dan terletak di sebelah timur Kakbah Suci, di dekat halaman Masjid Al-Haram. 

Dokumen sejarah menunjukkan bahwa kedatangan Ismail ke Mekkah pada tahun kelahirannya, sekitar tahun 1910 sebelum masehi merupakan tahun munculnya Zamzam. Antara hari ini dan pertama kali muncul air Zamzam kira-kira 4.000 tahun sesuai kalender Hijriah.

BACA JUGA:Walaupun Sebagian Orang Tidak Menyukai,Ternyata Petai Punya Banyak Manfaat, Yuk Baca

Hal ini segera menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana air Zamzam tidak pernah habis selama ribuan tahun, Penjelasan ilmiah dari Profesor Sharaqi, tidak adanya penipisan dalam geologi berarti bahwa air dapat diperbarui secara alami. Air tanah dapat diperbarui, seperti di sumur Zamzam.

Air zamzam dipercaya berkhasiat bagi tubuh. Sejumlah penelitian pun dilakukan untuk membuktikan keistimewaan air ini. 

Masaru Emoto seorang peneliti asal Jepang, salah satu yang menelitinya. Dalam buku "The True Power of Water", dijelaskan bahwa Air Zamzam mempunyai molekul yang berarturan mirip kristal. 

Penelitian yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information (NCBI), Air Zamzam mengandung empat ion logam esensial.

BACA JUGA:Dewan Pers Mengeluarkan Surat Edaran, Wartawan Caleg, Pengurus Parpol dan Tim Sukses, Nonaktif

Seperti kalium, natrium, magnesium, dan kalsium. Selain itu, ada juga tujuh ion logam lain di dalam Air Zamzam, Termasuk vanadium, mangan, zat besi, kobalt, tembaga, zinc, dan molibdenum.

Air Zamzam dalam sejarah singkatnya bermula dari kegelisahan Siti Hajar bersama putranya, Ismail, yang ditinggal Nabi Ibrahim di wilayah gurun yang kering dan tandus.

Cerita tersebut salah satunya diabadikan dalam Al-quran,  Siti Hajar, kala itu, berlari ke Bukit Marwah dan Shafa untuk mencari air dan makanan. Namun mukjizat pun terjadi saat putranya Ismail yang terus menangis dan mengentak-entakkan kakinya ke tanah.

Ternyata, entakan kaki Ismail berhasil mengeluarkan air yang berlimpah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: