4 Ciri-Ciri Rumah yang Tidak akan Dimasuki Malaikat Rahmat

 4 Ciri-Ciri Rumah yang Tidak akan Dimasuki Malaikat Rahmat

Rumah yang Tidak Akan Masuk Malaikat-Foto: Internet-

BACA JUGA:Kabar Penting dari Google, Gmail Tak Aktif 2 Tahun akan Dihapus, Simak Penjelasannya

Imam Nawawi menjelaskan tentang hal ini lebih lanjut,Ulama berkata, 'Faktor penyebab terhalangnya mereka (para malaikat) untuk masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat gambar adalah karena membuat dan menyimpan gambar merupakan perbuatan maksiat, perbuatan keji, dan menandingi ciptaan Allah serta di antara gambar itu ada yang diibadahi selain ibadah kepada Allah.

Sementara itu, Indah Permatasari S.Pd menyebutkan dalam bukunya Setan Selalu Bersemayam Di Setiap Sudut Rumahku bahwa patung dianggap sudah menyerupai ciptaan Allah sehingga patung pun dapat menghalangi masuknya malaikat.

Perkara hal tersebut juga telah dijelaskan jalan keluarnya dalam riwayat ,Jika engkau harus menggambar atau membuat patung maka buatlah (gambar) pohon dan apa-apa yang tidak mempunyai ruh.(HR Bukhari).

2. Rumah yang Terdapat Anjing

BACA JUGA:Tidak Cuma Hari Kenaikan Isa Almasih, Ini Deretan Hari yang Lain di Tanggal 18 Mei 2023

Ummul Mukminin Aisyah RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah mengadakan perjanjian dengan Jibril bahwa ia akan datang. 

Namun, hingga waktu pertemuan tiba, ia tidak datang.

Sambil melepaskan tongkat yang dipegangnya, Rasulullah bersabda,  Allah tidak mungkin mengingkari janji-Nya, tetapi mengapa Jibril belum datang?

Tatkala Rasulullah menoleh, ternyata beliau melihat seekor anak anjing di bawah tempat tidur. Kapan anjing ini masuk? tanya beliau. Aku (Aisyah) menyahut, Entahlah. Setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril.

BACA JUGA:Tidak Cuma Hari Kenaikan Isa Almasih, Ini Deretan Hari yang Lain di Tanggal 18 Mei 2023

Mengapa engkau terlambat? tanya Rasulullah kepada Jibril. Jibril pun menjawab, Karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah, kami tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar (patung). (HR Muslim).

Para ulama pun menjelaskan mengapa anjing dapat menghalangi malaikat yang hendak masuk ke rumah. 

Beberapa alasannya adalah karena air liurnya yang najis, memiliki aroma yang tidak sedap, dan terdapatnya larangan syariat memelihara anjing.

Adapun malaikat hanya tidak masuk ke dalam rumah yang di dalamnya ada anjing yang diharamkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: