Inilah Tokoh Google Doodle Serta Perannya Untuk Kemerdekaan Indonesia

 Inilah Tokoh Google Doodle Serta Perannya Untuk Kemerdekaan Indonesia

Inilah Tokoh Google Doodle-Foto: Internet-

RADARLEBONG.ID- Tokoh Prof. Dr. Sulianti Saroso, yang pada hari ini menjadi ikon Google Doodle, dimana pada hari ini beliau berulang tahun yang ke 106 tahun.

Prof. Dr. Sulianti Saroso diketahui merupakan salah satu orang yang berjasa bagi Indonesia, dikenal sebagai pakar kesehatan dan menjadi orang pertama menggencarkan promosi kesehatan bagi ibu hamil dan keluarga.

Memiliki nama lengkap Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso, lahir di Kabupaten Karangasem Bali 10 Mei 1917, merupakan anak kedua dari Dr. M.Sulaiman.

Sulianti Saroso menempuh pendidikan di Geneeskundige Hoge Scool (GHS) pada 1942, kemudian bekerja di RS Jakarta.

BACA JUGA:Hujan Badai di Lebong , Atap Sekolah Berhamburan, Pohon Tumbang

Meskipun merupakan seorang dokter, tokoh ini tidak membuka praktik dan banyak menghabiskan waktu sebagai peneliti dan merancang kebijakan kesehatan.

Sulianti Saroso termasuk dalam daftar panjang yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, bahkan dirinya turut ditahan dan meringkuk selama 2 bulan sebagai tahanan Belanda.

Barulah kemudian, setelah masa revolusi dirinya bekerja di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mendapat beasiswa dari WHO, Sulianti Saroso kemudian kembali menempuh ilmu tentang pengelolaan kesehatan Ibu dan anak di beberapa negara Eropa.

BACA JUGA:Info Program Turun Tanam II di Lebong

Nah, dari sinilah kemudian Sulianti berperan dalam program kesehatan Ibu dan anak yang saat ini dikenal dengan sebutan Keluarga Berencana (KB).

Perjalanan untuk memberikan kontribusi terhadap kesehatan ibu dan anak bukan tanpa rintangan.

Prof. Dr. Sulianti Saroso sempat mendapat teguran dari Kementerian Kesehatan saat itu, lantaran kampanye dirinya tentang buruknya kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

Namun jauh setelahnya, Sulianti mulai bisa diterima dan ditarik ke Jakarta dan mendapatkan berbagai posisi di Kementerian Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: