Belum Ada Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies Tahun 2023

Belum Ada Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies Tahun 2023

Kepala Puskesmas Tes, Apriani, SKM -Foto Carles Jaya/radarlebong-

RADARLEBONG.ID - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tes Kecamatan Lebong Selatan memastikan sepanjang tahun 2023 ini belum ada kasus gigitan Hewan Penular Rabies (HPR).

Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas, Apriani, SKM saat dikonfirmasi Radar Lebong Selasa (9/5).

"Alhamdulillah, dari Januari hingga Mei 2023 ini tidak ada pasien gigitan HPR yang kami tangani. Semoga sampai dengan Desember mendatang tidak ada masyarakat yang mengalmi kasus gigitan hewan penular rabies yang dimaksud, baik kucing, anjing hingga kera," kata Apriani.

Lebih jauh, pihaknya juga mengklaim ditahun lalu puskesmas Tes juga nihil menangani pasien gigitan HPR, namun ditahun 2021 tercatat ada 24 kasus masyarakat Lebong Selatan yang mengalami gigitan HPR.

BACA JUGA:Gawat, Ada Ribuan Hewan Penular Rabies di Lebong yang Belum Divaksin, Stok Vaksinnya Kosong

BACA JUGA:Gigitan Hewan Penular Rabies Sasar Manusia Capai 81 Kasus, Nomor Satu Bikin Kaget

"Jadi ketiadaan kasus gigitan rabies ini bukan instan, melainkan sudah dipupuk sejak mulai dari tahun sebelumya. Jadi relawan vaksinator rabies kita memberikan vaksin rabies tahun ini, sehingga hasilnya bisa dilihat dalam dua tahun terakhir ini," ujarnya.

Meskipun kasus HPR masih nihil, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama warga yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, maupun kera agar dapat dipelihara dengan baik.

"Di samping pelaksanaan vaksinator rabies yang masih secara rutin dilakukan, namun kami juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharan yang dimaksud, supaya dapat dipelihara dengan baik terutama dianjurkan supaya bisa doiberikan suntik vaksin rabies," pungkasnya. (arp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: