Menteri Perhubungan Usul Cuti Bersama Lebaran Dimajukan Jadi 19 April, Ini Alasannya

Menteri Perhubungan Usul Cuti Bersama Lebaran Dimajukan Jadi 19 April, Ini Alasannya

Siaran Pers Menteri Perhubungan soal cuti bersama lebaran yang diusulkan untuk dimajukan.--

RADARLEBONG.ID - Meski ramadhan memasuki hari ke 3 puasa. Namun, masyarakat diberikan angin segar oleh pemerintah pusat. 

Pasalnya, Menteri Perhubungan dalam konferensi pers, Jumat, 24 Maret 2023 mengusulkan cuti bersama sejak 19 April 2023.

Usulan tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pemerintah menambah cuti bersama Lebaran 2023 atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H menjadi 19-25 April 2023 untuk mengantisipasi tingginya masyarakat yang akan menjalan mudik lebaran tahun ini.

"Karena secara tradisional keinginan akan mudik ini tinggi sekali dengan volume yang banyak dan kalau dilihat itu tertuju hanya tanggal 21 maka terjadi penumpukan yang luar biasa," ujar Budi dalam konferensi pers, Jumat, 24 Maret 2023 dikutip dari disway.id.

BACA JUGA:Catat, Jadwal Lengkap Imsakiyah dan Buka Puasa untuk Wilayah Kabupaten Lebong

BACA JUGA:Puasa ke 3 Ramadhan, KBM Satuan Pendidikan TK hingga SMP di Lebong Kembali Beraktifitas

Menurutnya, dengan dimajukannya jadwal cuti bersama tersebut maka, pemudik dapat memilik hari yang lebih leluasa serta menghindari adanya penumpukan pemudik.

"Sehingga dengan dimajukan itu pemudik bisa mulai dari tanggal 18 sore, 19, 20 21, ada empat hari mereka mudik," ungkap Budi.

Diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan agar cuti bersama Lebaran 2023 menjadi 19 April 2023. 

Tentunya dengan perubahan cuti bersama menjelang Lebaran akan diberlakukan mulai tanggal 19-20 April dan berakhir pada 25 April 2023.

"Tadi ada keputusan Bapak Presiden berkaitan dengan cuti bersama, kalau sekarang itu cutinya sesuai dengan SKB 3 menteri dari tanggal 21 sampai tanggal 26.

Kami tadi bersama-sama Kapolri mengusulkan liburnya maju dua hari. Jadi mulai dari 19 mulai libur, 20 libur, tapi masuknya 26, jadi tambah 1 hari, tapi di depan maju dua hari," jelas Budi dalam konferensi pers, Jumat, 24 Maret 2023.

Budi mengatakan usul untuk memajukan cuti bersama lebaran umat Islam itu juga telah disepakati Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

"Kami tadi bersama-sama Kapolri mengusulkan liburnya maju dua hari, jadi mulai tanggal 19 sudah libur, 20 sudah libur, tapi masuknya 26," imbuh dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id