Pencinta Cincau Hitam, Harus Tahu Deretan Faedahnya

Pencinta Cincau Hitam, Harus Tahu Deretan Faedahnya

ilustrasi cincau hitam-foto :pixabay-

RADARLEBONG.ID - Siapakah yang tidak mengenali si Cincau hitam ini.

Dia ialah bahan makanan yang dibuat dari daun mesona atau Mesona chinensis yang tumbuh di sejumlah negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, dan Taiwan.

Daun mesona yang telah dicuci selanjutnya direbus dan diolah langkah dipertambah gula dan air sampai mengental dan membuat jelly warna hitam.

Cincau hitam mempunyai rasa yang fresh dan kenyal dan kerap dijadikan kombinasi pada minuman dingin seperti es cincau, es cendol, dan es campur.

BACA JUGA:Rutin Makan Buah Pepaya, Selain Berkhasiat, Juga Bikin Goyang Ranjang Bersama Pasangan Makin Maksimal

BACA JUGA:Anak Terancam Kurang Gizi Akibat Pengeluaran Konsumsi Rokok

Disamping itu, cincau hitam bisa juga dibuat jadi beragam tipe makanan seperti bubur cincau, puding, atau bahkan juga dikonsumsi secara langsung sebagai cemilan.

Cincau hitam memiliki kandungan senyawa aktif yang namanya flavonoid, polifenol, dan asam galat.

Senyawa ini mempunyai karakter anti-oksidan yang bisa menolong membuat perlindungan beberapa sel badan dari kerusakan karena radikal bebas.

Ditambahkan lagi, Cincau hitam memiliki kandungan serat, karbohidrat, vitamin, dan mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium.

Karena kandungan seratnya yang lebih tinggi, cincau hitam bisa menolong membenahi pencernaan dan menahan sembelit.

Bahkan juga kandungan kalsiumnya yang tinggi bisa menolong mempertahankan kesehatan tulang dan gigi.

Cincau hitam dijumpai bisa menolong turunkan kandungan cholesterol pada darah, menahan degradasi makula, dan tingkatkan saluran darah ke otak dan membenahi performa otak.

Tetapi, seharusnya dimakan jumlah yang tepat supaya tidak mengakibatkan efek seperti masalah pencernaan atau diare.

Disamping itu, seharusnya konsumsi cincau hitam yang telah diolah dengan higienis untuk menghindar resiko terserang penyakit yang disebabkan karena bakteri atau kuman.

Berikut beberapa faedah cincau hitam yang dijumpai:

- Turunkan Cholesterol Darah: Cincau hitam memiliki kandungan serat terlarut yang bisa menolong turunkan kandungan cholesterol LDL atau "cholesterol jahat" pada darah, hingga bisa menolong kurangi resiko penyakit jantung.

- Jaga Kesehatan Aliran Pencernaan: Kandungan serat dalam cincau hitam bisa menolong tingkatkan peranan pencernaan, menahan sembelit, dan memperlancar bab.

- Jaga Kesehatan Tulang: Cincau hitam memiliki kandungan kalsium yang bagus untuk Kesehatan Tulang dan gigi.

- Jaga Kesehatan Kulit: Kandungan anti-oksidan dalam cincau hitam bisa menolong menahan kerusakan kulit karena radikal bebas dan menggairahkan produksi collagen.

- Tingkatkan Kesehatan Mata: Cincau hitam memiliki kandungan beta-karoten yang bisa menolong jaga Kesehatan Mata dan menahan degradasi makula.

- Jaga Kesehatan Jantung: Kandungan flavonoid dan polifenol dalam cincau hitam bisa menolong mempertahankan kesehatan jantung dan menahan resiko penyakit jantung.

- Jaga Kesehatan Otak: Kandungan zat besi dalam cincau hitam bisa menolong tingkatkan saluran darah ke otak dan membenahi performa otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: