Ini 3 Desa Penerima Bantuan dari Perpustakaan Nasional

Ini 3 Desa Penerima Bantuan dari Perpustakaan Nasional

Perpusdes: Pegawai Perpusda saat mengunjungi salah satu perpusdes di Lebong Tengah. -foto dokumentasi-redaksi

RADARLEBONG.ID - Kabar gembira tiga desa di Kabupaten Lebong bakal menerima bantuan program dari Perpustakaan Nasional.

Bantuan itu diberikan sebagai realisasi program transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Kepala Perpustakaan dan Arda, Nurmanhuri mengatakan hanya Kabupaten Lebong bersama dengan Kota Bengkulu mendapat bantuan tersebut di tahun 2023.

Dari 67 perpustakaan yang terdata di Kabupaten Lebong, hanya ada 3 yang memenuhi kriteria.

BACA JUGA:Koleksi Buku Perpustakaan di Lebong Dipasang Barcode

BACA JUGA:Serba Digital, Perpustakaan Masih Diminati Warga

"Iya, tahun ini kita bakal menerima bantuan dari Perpusnas RI. Ada 3 desa yang sudah ditunjuk yakni Desa Kota Donok, Kota Baru dan Lebong Tambang," kata Nurman sapaan akrabnya, Selasa (7/2).

Lebih jauh, diungkapkannya, bantuan sebanyak 8 item tersebut nantinya akan didistribusikan ke desa masing-masing.

Namun, Ia belum dapat memastikan bantuan tersebut akan direalisasikan ke desa mengingat pihaknya baru akan melakukan sosialisasi pada tanggal 27 Februari mendatang.

"Untuk bantuannya kami belum tau kapan dibagikan, karena tanggal 27 besok kita baru melakukan sosialisasi. Tapi yang pastinya tahun ini," imbuhnya.

BACA JUGA:Kembangkan Perpustakaan, DPK Bengkulu Kunjungi DPK Lebong

BACA JUGA:Perpustakaan Lebong Minim Koleksi Buku Abdullah Siddik Kakek Ashanty

Dalam paparannya, 8 item tersebut berupa perangkat komputer hingga alat penunjang lainnya. Tak hanya itu, perpustakaan desa itu juga nantinya akan dibekali perangkat jaringan internet.

"Kami sendiri (Perpustakaan dan Arda, red) sudah menerima perangkat komputer server. Nantinya, perangkat tersebut akan terintegrasi dengan tiga desa penerima bantuan lainnya," lanjutnya.

Masih Kata Nurman, setelah sosialasi pengelola perpustakaan desa akan segera diberangkatkan ke Jakarta untuk melakukan bimbingan teknis atau bimtek untuk mengikuti pelatihan.

"Sebelum bantuan itu didistribusikan, pengelolanya akan diberangkatkan untuk bimtek. Tapi kapan waktunya kita belum menerima jadwal," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: