Perpustakaan Lebong Minim Koleksi Buku Abdullah Siddik Kakek Ashanty

Perpustakaan Lebong Minim Koleksi Buku Abdullah Siddik Kakek Ashanty

buku hukum adat rejang dan sejarah bengkulu karya abdullah siddik--instagram @gangsar.id

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Meski Lebong menjadi tanah kelahiran Prof. DR. KH. Abdullah Siddik, SH yang juga kakek artis Ashanty ini, namun Perpustakaan Kabupaten Lebong minim koleksi buku-buku Abdullah Siddik.

Beberapa buku-buku karya Prof. Dr. KH. Abdullah Siddik, SH ini diantaranya Hukum Adat Rejang Penerbit Balai Pustaka, Jakarta, 1980, Sejarah Bengkulu 1600-1990 Penerbit Balai Pustaka, Jakarta, 1996.

Hukum Perkawinan Islam Penerbit Tintamas, Jakarta, 1968, Inti Dasar Hukum Dasar Islam Penerbit Balai Pustaka, Jakarta, 1993, Islam dan Ilmu Pengetahuan Penerbit Dewan Bahasa dan Pustaka, Kuala Lumpur, 1976 dan karya-karya lainnya.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong, Jaswidodo, S.Sos, mengakui jika perpustakaan daerah belum memiliki buku-buku karya Abdullah Siddik.

BACA JUGA:Istri Anang, Ashanty Ternyata Cucu dari Tokoh Kelahiran Muara Aman Lebong

"Kalau untuk buku Hukum Adat Rejang karya Abdullah Siddik, kami belum punya," kata Jaswidodo.

Meski demikian, kedepan pihaknya akan berupaya untuk menambah koleksi buku-buku di perpustakaan daerah khususnya pada buku karangan Abdullah Siddik yang juga kakek Ashanty istri dari artis Anang Hermansyah ini.

"Kami sudah usulkan untuk penambahan jumlah koleksi buku, tapi karena anggaran tidak memadai, usulan ini belum bisa disetujui. Tapi kita memiliki koleksi buku Anok Kutai Rejang karya Zulman Hasan tahun 2015," terangnya.

Jaswidodo mengaku pernah membaca buku Hukum Adat Rejang karya Abdullah Siddik ini di Perpustakaan Universitas Bengkulu (UNIB).

Ia menilai jika koleksi buku ini sangat penting, untuk menambah khazanah pengetahuan masyarakat di Kabupaten Lebong yang mayoritas bersuku Rejang.

BACA JUGA:Kiprah Kakek Ashanty, Abdullah Siddik 'Anok Muara Aman Lebong' Untuk Indonesia

"Kita kan asli orang Lebong, masa kita tidak punya. Yang pasti, kami akan usahakan agar buku itu bisa menambah daftar koleksi buku di Perpustakaan Lebong ini. Mudah-mudahan saja, usulan anggaran kami nanti disetujui, agar bisa mengadakan buku ini," tukasnya.

Siapa yang menyangka jika Ashanty, istri dari penyanyi Anang Hermansyah ini ternyata memiliki garis keturunan Muara Aman, Lebong.

Pasangan selebriti papan atas Anang dan Ashanty ini, akan akan dinobatkan sebagai duta seni, budaya dan wisata Provinsi Bengkulu, pada HUT Provinsi Bengkulu, 18 November 2022 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: