Sawah Petani Padi di Lebong Terancam Kekeringan

Sawah Petani Padi di Lebong Terancam Kekeringan

PADI : Meski terlihat subur, namun kekeringan mulai mengancam lahan sawah padi di Kecamatan Bingin Kuning akibat pasokan air yang minim.-foto : carles/radarlebong-redaksi

BINGIN KUNING, RADARLEBONG.ID - Sejumlah lahan sawah milik para petani diwilayah Kecamatan Bingin Kuning saat ini mulai mengalami kekeringan.

Itu menyusul musim kemarau yang sudah mulai melanda dalam beberapa hari terakhir. Hal ini diakui Kordinator Penyuluh Bingin Kuning, Reti Puspita, SP. 

"Benar, sejak beberapa hari terakhir cuaca sudah mulai panas, sehingga membuat pasokan air mulai menurun. Seperti di kecamatan Bingin Kuning beberapa lahan sawah petani mulai mengalami kekeringan air," kata Reti.  

Meski demikian, ia mengaku tidak seluruh lahan sawah di kecamatan Bingin Kuning yang mulai mengalami kekeringan tersebut.

BACA JUGA:Jalan Semelako-Embong Panjang Kembali Dilanjutkan Tahun Depan, Segini Anggarannya

Namun, itu hanya terjadi dibeberapa saja yakni di desa Bungin. Dan tidak menutup kemungkinan kekeringan juga bisa melanda lahan sawah lain, apabila terjadi musim kemarau panjang. 

"Untuk sekarang masih terbilang aman, tapi tidak menutup kemungkinan sawah-sawah lain juga ikut mengalami kekeringan jika terjadi musim kemarau panjang," sampainya. 

Reti menambahkan, bahwa saat ini rata-rata umur padi di wilayah kecamatan Bingin Kuning berkisar 7 hingga 15 hari pasca selesai musim tanam.

Yang mana tanaman padi seusia tersebut tentu membutuhkan pasokan air yang cukup agar bisa tumbuh dengan subur. 

"Dari pemantauan kami pertumbuhan tanaman padi sangat bagus, bahkan sejauh ini belum ada laporan dari para petani terhadap serangan hama yang mengganggu tanaman padi petani," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: