DBD Nihil, Warga Mulai Sadar Arti Kebersihan Lingkungan

DBD Nihil, Warga Mulai Sadar Arti Kebersihan Lingkungan

ilustrasi -tangkapan layar-

LEBONG ATAS, RADARLEBONG.ID - Patut diancungi jempol Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kecamatan Lebong Atas nihil menangani kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) diwilayah itu.

Bahkan sepanjang tahun 2022 ini, tidak ada ditemukan adanya warga yang menderita DBD. Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas, Hizbullah Noprian, SKM.

"Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada ditemukan adanya warga yang menderita DBD," ujar Rian sapaan akrabnya.

Diakuinya, bahwa nihilnya kasus DBD dalam wilayah kerjanya tersebut berkat sudah adanya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Disampingi itu juga berkat kerja keras para petugas puskesmas dan pemerintah desa dalam melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan gotong royong membersihkan lingkungan serta 3M.

BACA JUGA:Selain DBD, Waspada Diare di Musim Penghujan

"Kasus DBD ini dapat ditekan berkat sudah adanya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, termasuk kerja keras petugas puskesmas dan pemerintah desa yang terus mendorong masyarakat untuk terus peduli terhadap kebersihan lingkungan," terangnya.

Meski belum ditemukan warga penderita DBD, lanjutnya, ia mengimbau masyarakat tidak boleh terlena dan harus tetap peduli terhadap kebersihan lingkungan, sehingga bisa terhindar dari berbagai ancaman wabah penyakit. Terutama penyakit DBD yang merupakan jenis penyakit berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

"Walaupun belum ditemukan adanya warga menderita DBD, tapi kita tidak boleh terlena dan harus tetap mengutamakan menjaga kebersihan lingkungan," sampainya.

Dia menambahkan, upaya paling efektif untuk melakukan pencegahan penyakit DBD, yakni dengan aktif menggalakan kegiatan PSN dengan membersihkan lingkungan dan 3M Plus.

BACA JUGA:Lebong Selatan Nihil DBD

Untuk itu, pihaknya mengimbau seluruh pemerintah desa dalam wilayah kerja Lebong Atas untuk dapat mengajak masyarakat di desa masing-masing supaya aktif melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan.

"PSN dan 3M Plus adalah upaya efektif dalam mencegah penyakit DBD. Karena fogging tidak memutus mata rantai DBD, namun hanya membunuh nyamuk dewasa," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: