Alhamdulillah, Tahun Depan Kuota Haji Lebong Kembali 92 Orang

Alhamdulillah, Tahun Depan Kuota Haji Lebong Kembali 92 Orang

Paspor CJH tahun 2023 sudah selesai. Tampak, rombongan haji tahun 2022 lalu.-Foto Ist-Foto Ist

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Kabar baik untuk Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Lebong yang sebelumnya ditunda berangkat menunaikan rukun islam kelima ke tanah suci.

Pasalnya ditahun 2023 mendatang, kuota haji diprediksi akan kembali normal yakni sebanyak 92 orang. Kepastian tersebut langsung dari pemerintah yang menyatakan tak ada lagi pembatasan usia diatas 65 tahun.

Diketahui, pada pelaksanaan haji yang berlangsung beberapa waktu lalu, bahwa Cjh usia di atas 65 tahun batal berangkat menyusul adanya kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menganggap usia tersebut rentan terpapar Covid-19.

Namun tahun mendatang calon jemaah usia di atas 65 tahun akan diprioritas untuk berangkat ke tanah suci.

BACA JUGA:Kemenag Lebong Mulai Lakukan Verifikasi Calon Jemaah Haji 2023

Kepala Kemenag Lebong, Arief Azizi, S.Ag, MH melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Hj. Yuliana, A Ma, Pd mengatakan kabar ini didukung apresiasi dari pemerintah Arab Saudi, bahwa Jemaah haji asal Indonesia mendapat apresiasi dari pemerintah Arab Saudi karena selalu tertib, sehingga mendapat atensi untuk diprioritaskan berangkat menunaikan rukun sialam kelima ke tanah suci.

"Benar, kabar itu juga memberikan harapan bagi Cjh Lebong yang tertunda keberangkatannya pada dua tahun belakang untuk memungkinkan berangkat di tahun 2023," kata Yuliana.

Meski demikian, Yuliana belum bisa memastikan sebab diakuinya tidak ada yang tahu kapan pandemi akan berakhir. Yang jelas, semua berharap supaya pandemi Covid-19 tidak ada lagi.

Menurutnya apabila kuota haji asal Indonesia kembali normal, maka tahun depan CJH Lebong yang berangkat ke tanah suci akan kembali di angka 92 orang.

BACA JUGA:Mohon Bersabar, Daftar Haji Sekarang, Berangkat 18 Tahun Lagi

"Sebelumnya di masa pandemi Covid-19 kuota haji asal Lebong hanya 43 orang yang di prioritaskan. Jika memang kuota tersebut akan kem,bali normal, maka untuk Lebong ada 92 orang yang diberangkatkan tahun depan," ujarnya.

Yuliana menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu kepastian hasil negosiasi Menteri Agama RI dengan Pemerintah Arab Saudi terkait dengan kuota haji tahun 2023.

Disamping itu pihaknya juga mengajak agar masyarakat khusunya para calon jemaah haji yang sudah mendaftar supaya tetap berdo'a agar pandemi Covid-19 akan segera berakhir.

"Kita tunggu saja pemberitahuan resminya dari pemerintah pusat, mudah-mudahan tetap bisa kembali normal sebanyak 92 orang," singkatnya.

Sumber: