Gempa Cianjur, 162 Orang Meninggal Dunia, Ibu Hamil 9 Bulan Tertimpa Runtuhan Bangunan

Gempa Cianjur, 162 Orang Meninggal Dunia, Ibu Hamil 9 Bulan Tertimpa Runtuhan Bangunan

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengevakuasi korban gempa Cianjur. Saat ini bala bantuan dari 7 BPBD di Jabar telah tiba di Cianjur pada Selasa 22 November 2022 dini hari.--Foto: radarcianjur/disway.id

JAKARTA, RADARLEBONG.ID - Gempa Cianjur, Jawa Barat berkekuatan magnitudo (M) 5,6 per Selasa (22/11) dilaporkan 103 orang warga meninggal dunia.

Gempa Cianjur yang terjadi pukul 13.21 WIB, Senin (21/11/2022) ini juga mengakibatkan ibu-ibu yang tengah hamil 9 bulan terjebak runtuhan bangunan.

Ibu hamil yang terjebak runtuhan bangunan ini berada di Kampung Salaeurih Desa Benjot, Kecamatan Cugenang. Kabar ini disampaikan melalui akun instagram @CianjurToday, seperti dikutip dari disway.id.

Evakuasi korban dilakukan secara manual oleh petugas bersama TNI yang ada di lokasi kejadian, untuk menyelamatkan korban.


Korban gempa di Cianjur dibawa tenda darurat rumah sakit---AFP-disway.id

Tanpa dibantu alat berat, proses evakuasi ibu hamil yang tertimpa runtuhan bangunan akibat gempa Cianjur ini berjalan cukup lamban.

Diketahui bahwa lokasi ini tidak bisa dijangkau alat berat karena medan yang sulit untuk dilintasi.

Jumlah korban gempa Cianjur, Jawa Barat ini terus bertambah. Bahkan, data terakhir yang diterima sudah tercatat sebanyak 162 orang warga meninggal dunia.

Dalam rilis resmi BNPB Selasa (22/11) pukul 09.55 WIB dilaporkan sudah sebanyak 103 orang meninggal dunia.

Mayoritas warga meninggal ini karena tertimpa reruntuhan bangunan yang ambruk saat gempa terjadi. Kemudian, ada 25 orang warga yang dilaporkan hilang.

"Pencarian masih terus dilakukan hingga hari ini," kata Abdul Muhari, Ph.D, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dalam rilis resminya.

Selain 103 orang dilaporkan meninggal dunia dan 377 warga Cianjur mengalami luka-luka. Gempa Cianjur ini juga menelan korban hingga ke beberapa kabupaten lain.


Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meninjau langsung kondisi gempa di Cianjur, Selasa (22-11-2022) dini hari.--foto cianjurekspres.disway.id

1 orang di Kabupaten Bandung mengalami luka, 1 orang mengalamai luka berat dan 9 mengalami luka ringan di Kabupaten Sukabumi serta 2 orang mengalami luka ringan di Kabupaten Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: