Tingkatkan PAD Lebong, Disparpora Tancap Gas Inventaris Aset Wisata

Tingkatkan PAD Lebong, Disparpora Tancap Gas Inventaris Aset Wisata

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lebong, Riki Irawan, S.Sos, M.Si-amrirakhmatullah-radarlebong.id

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga di Kabupaten Lebong sebesar Rp 50 juta, menjadi salah satu fokus yang akan ditingkatkan Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disparpora) Lebong.

Bahkan, untuk merealisasikan peningkatan PAD dari sektor ini, Disparpora Lebong mulai tancap gas melakukan inventarisir aset serta potensi pariwisata yang bisa mendatangkan PAD bagi Kabupaten Lebong.

Kepala Disparpora Lebong, Riki Irawan, S.Sos, M.Si, menjelaskan inventarisir aset ini akan dilakukan pihaknya mulai dari lahan, bangunan gedung hingga sarana dan prasarana pendukung wisata yang ada di Kabupaten Lebong.

Apalagi, Lebong sendiri diketahui banyak memiliki potensi wisata yang kalau dikelola dengan baik tentu akan berimbas pada PAD termasuk juga tingkat ekonomi masyarakat.

"Yang pasti kita akan coba bangun wisata di Kabupaten Lebong, bagaimana agar bisa menjadi sektor penyumbang PAD terbesar di Lebong dengan potensi-potensi yang dimiliki. Tentunya, hal ini tidak bisa kita lakukan sendiri, harus ada kerjasama dan dukungan dari semua kalangan," kata Riki kepada Radar Lebong diruang kerjanya Senin, 7 November 2022.

Menurutnya, sektor pariwisata memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat secara langsung. Hal ini tentunya mesti didukung dengan pengemasan yang menarik sehingga bisa mendatangkan pengunjung ke Kabupaten Lebong.

"Disinilah nanti kita akan mulai mengumpulkan ide-ide entrepreneur dalam pengembangan wisata di Lebong, termasuk juga Pokdarwis maupun BUMDes pengelola objek wisata. Hal inipun harus didukung dengan promosi yang memadai, sehingga keindahan wisata alam maupun wisata sejarah yang ada di Lebong ini bisa menarik minat pengunjung dari luar," jelasnya.

Riki juga mengimbau kepada masyarakat Lebong untuk tetap melestarikan adat istiadat dan budaya yang berlaku ditengah di masyarakat. Hal ini, tambahnya, akan menjadi salah satu daya tarik wisatawan ke Kabupaten Lebong.

"Insyaallah, kerja keras yang akan kita lakukan bersama-sama akan membuahkan hasil yang maksimal untuk masyarakat sehingga terwujud Lebong Bahagia dan Sejahtera," demikian Riki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: