Lebong Masih Aman dari Aliran Kepercayaan dan Keagamaan yang Menyimpang

Lebong Masih Aman dari  Aliran Kepercayaan dan Keagamaan yang Menyimpang

Sosialisasi: Kesbangpol Provinsi Bengkulu menggelar Sosialisasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan masyarakat di Kabupaten Lebong, bertempat di Graha Bina Praja Setkab Lebong, Selasa (25/10).-Foto Amri Rakhmatullah/radarlebong-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Kabupaten Lebong terbilang masih aman dari aliran kepercayaan dan keagamaan yang menyimpang.

Hal ini disampaikan langsung dalam acara yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bengkulu bersama Kejaksaan Tinggi Bengkulu menggelar sosialisasi pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan masyarakat di Kabupaten Lebong, Selasa (25/10) di gedung Bina Praja Setkab Lebong.

Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap potensi penyebaran aliran kepercayaan atau keagamaan yang menyimpang dari ajaran agama dan pancasila.

Kabid Permasalahan Ketahanan Ekonomi dan Strategis Daerah Badan Kesbangpol Provinsi Bengkulu, Miftarul Ilmi M menjelaskan sejauh ini di Kabupaten Lebong dinilai masih cukup aman dan kondusif. 

BACA JUGA:Masuk Pengawasan Pakem, 1 Aliran Tak Lagi Beraktivitas

Meski demikian, bukan berarti masyarakat justru terlena dalam mewaspadai aliran kepercayaan atau aliran keagamaan yang berkembang di lingkungannya masing-masing. 

"Dari data yang kita dapat, Lebong termasuk cukup aman dan belum ada yang mencuat. Harapan kita di Lebong tidak ada aliran kepercayaan maupun keagamaan yang menyimpang sesuai dengan kriteria yang dikeluarkan oleh MUI," katanya.

Sementara itu, Asisten I Setkab Lebong Drs. Firdaus, M.Pd mengatakan apa yang sudah disampaikan Badan Kesbangpol Provinsi dan Kejati Bengkulu dalam kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan

bisa menjadi bekal masyarakat dalam meningkatkan pengawasan aliran kepercayaan dan keagamaan di lingkungannya masing-masing. Jika dibiarkan, dikhawatirkan bisa menimbulkan keresahan dan perpecahan di tengah masyarakat.

"Di Lebong sendiri ada beberapa aliran yang memang dalam pengawasan. Namun demikian secara umum masih kondusif," singkat Firdaus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: