Per 30 September, Berikut Realisasi PAD yang Sudah Diraup

Per 30 September, Berikut Realisasi PAD yang Sudah Diraup

Kabid Pendapatan dan Bagi Hasil BKD Lebong, Monginsidi, S.Sos.-Foto Amri Rakhmatullah/radarlebong-

LEBONG,  RADARLEBONG.ID - Per 30 September 2022 lalu, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lebong tahun anggaran 2022 baru tercapai sebesar 57 persen dari target sebesar Rp 21,5 miliar. 

Plt. Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si, melalui Kabid Pendapatan, Monginsidi, S.Sos, menjelaskan target PAD yang ditetapkan dalam APBD Lebong tahun 2022 yakni sebesar Rp 21,5 miliar namun per 30 September lalu baru terealisasi sebesar Rp 12,4 miliar atau 57,45 persen. 

Total realisasi Rp 12,4 miliar ini, lanjutnya, berasal dari sektor pajak daerah sebesar 81,53 persen, retribusi daerah 64,84 persen, hasil kekayaan daerah yang dipisahkan 93,80 persen dan lain-lain pendapatan daerah yang sah 40,85 persen.

"Jika melihat angka realisasi per 30 September ini, tentu angka ini masih cukup kecil. Apalagi, tutup tahun anggaran hanya menyisakan beberapa bulan kedepan," katanya. 

BACA JUGA:Target Rp 1,4 M, Berikut Ini Realisasi PBB-P2 12 Kecamatan di Lebong

Meski demikian, ia tetap optimis jika target PAD ini akan tercapai 100 persen sebelum tutup tahun anggaran 2022 mendatang.

Sebab, Pemkab Lebong tidak lama lagi akan melaksanakan lelang mobil dinas, termasuk rencana lelang mess pelajar dan mahasiswa di Bandung Jawa Barat. 

"Kalau kedua kegiatan ini bisa dilaksanakan tahun ini, tentu hal tersebut akan mendongkrak realisasi PAD Lebong khususnya pada sektor pendapatan lain-lain daerah yang sah," lanjutnya.

Monginsidi juga meminta kepada OPD pemungut PAD untuk memaksimalkan penagihan dan penyetoran PAD ke Kas Daerah.

Mengingat, waktu efektif tahun 2022 ini hanya lebih kurang 3 bulan kedepan. 

"Kesadaran untuk membayar pajak, menyetorkan pajak ini merupakan tanggung jawab bersama agar pelaksanaan pembangunan di Lebong bisa dilaksanakan lebih maksimal," singkatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: