Damkar Catat Ada 5 Kasus Kebakaran di Lebong

Damkar  Catat Ada 5 Kasus Kebakaran di Lebong

Damkar Lebong mencatat ada 7 peristiwa kebakaran tahun 2022 lalu.-Foto Amri Rakhmatullah/radarlebong-

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Dalam kurun tempo 10 bulan atau terhitung sejak Januari hingga Oktobe2 2022, Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebong mendata 5 kasus kebakaran yang terjadi di Lebong.

Ke 5 kasus kebakaran tersebut antara lain pada 8 Februari di Kelurahan Turang Lalang Kecamatan Lebong Selatan.

Kemudian, selang beberapa minggu, tanggal 28 Februari di Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara.

Tanggal, 19 Mei di Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara. Tanggal 4 Agustus di Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan dan yang terbaru terjadi kebakaran pada 4 Oktober di Desa Gandung Baru Kecamatan Lebong Utara. 

BACA JUGA:Kebakaran di Mubai, Damkar Tak Ada Air, 2 Rumah Rata dengan Tanah, 4 Rusak Berat,

Mayoritas  kebakaran diduga akibat korsleting atau hubungan pendek arus listrik. Selain itu, ledakan tabung gas dan lain-lainnya dengan objek yang terbakar  beragam, rumah,tempat usaha dan lahan kebun.

"Penanganannya hanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan keterbatasan armada PBK yang kami miliki," kata Kabid Damkar Satpol PP Lebong, Meli Lela, SP.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terkait rencana perbaikan armada, Meli Lela, menyampaikan, untuk anggaran perbaikan armada Pemadam Bahaya Kebakaran (BPK) ditambah Rp 500 juta dalam APBD Perubahan 2022. 

Artinya, sambung dia, dengan anggaran yang sebelumnya tersedia Rp 500 juta dalam APBD murni 2022.Maka total anggaran perbaikan damkar mencapai Rp 1 miliar.

" Ditargetkan akhir Oktober mendatang, perbaikan unit armada PBK ini sudah mulai berjalan. Untuk teknis perbaikannya sendiri akan diserahkan sepenuhnya kepada PT. Kajama. Semoga saja dengan anggaran sebesar Rp 1 miliar yang disiapkan  kondisi 6 unit armada PBK kita  akan kembali bagus sembilan puluh persen," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: