Cegah PMK, 54 Ekor Sapi di Lebong Selatan Sudah Suntik Vaksin

Cegah PMK, 54 Ekor Sapi di Lebong Selatan Sudah Suntik Vaksin

PMK: Petugas kesehatan hewan Disperkan Lebong saat melakukan penyemprotan kandang hewan antisipasi penyebaran PMK. -Foto Carles Jaya/radarlebong-radarlebong.id

LEBONG , RADARLEBONG.ID - Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong antisipasi pencegahan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK.

Seperti halnya melakukan kegiatan penyemprotan kandang hewan ternak dan melakukan vaksinasi desa Mangkurajo kecamatan Lebong Selatan untuk mengantisipasi penyebaran wabah PMK. 

"Penyemprotan dan vaksinasi ini dilakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran PMK," ungkap Gunadi Nopri dari Dinas Pertanian dan Peternakan Lebong.

Dalam kegiatan ini juga, pihaknya juga melibatkan pihak Kepolisian mulai dari proses pendataan hewan ternak hingga penyemprotan dan vaksinasi hewan. 

BACA JUGA:Belum Punya Perda, Lebong Kok Bisa Raih Predikat Kabupaten Layak Anak?

Menurutnya walaupun di Kabupaten Lebong belum terdapat hewan yang terserang PMK, namun upaya pengendalian tetap harus dilakukan.

"Tadi (kemarin,red) ada sebanyak 54 ekor sapi di Lebong Selatan ini sudah divaksin, termasuk salah satunya di desa mangkurajo," ujarnya. 

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan edukasi kepada warga yang memiliki hewan ternak, supaya tidak mudah panik apabila terdapat ternak yang memiliki gejala PMK.

Namun diharapkan dapat memberikan laporan supaya dapat upaya pencegahan.

"Alhamdulillah, sejauh ini belum terdapat adanya kasus PMK di Kabupaten Lebong. Meski demikian, diimbau masyarakat terutama pemiliki ternak, jika ada ternaknya yang memilki gejala PMK agar dapat segera memberikan laporan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: