Miris, Sekolah Ini Tanpa Peserta Didik Baru

Miris, Sekolah Ini Tanpa Peserta Didik Baru

SDN 50 Lebong Desa Kota Baru yang tahun ini tidak memiliki peserta didik baru-Foto Dokumentasi-Radar Lebong

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID  - Miris, dari puluhan sekolah di Kabupaten Lebong. Tahun ajaran baru 2022/2023 ini, SDN 50 Lebong yang berada di Desa Kota Baru Kecamatan Uram Jaya nihil  atau tidak ada siswa baru.

Hal tersebut dari rekap hasil Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 beberapa waktu lalu oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lebong.

Hal tersebut diakui Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lebong Elvian Komar SAg melalui Kabid Pembinaan Pendidikan Habibi SPd.

Dikatakan Habibi, meski SD tersebut tak ada peserta didik baru. Namun, dirinya memastikan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) disekolah tersebut harus berjalan sebagaimana mestinya. Khususnya bagi tingkatan kelas di sekolah tersebut.

BACA JUGA:Kepsek SMAN 3 Lebong Didapuk Jadi Kepala Sekolah Penggerak

"KBM di sekolah harus tetap berjalan walapun ada kelas yang kosong. Karena untuk dilakukan penggabungan sekolah atau marger tak mudah untuk dilakukan," kata Kabid Pendidikan dan Pembinaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lebong Habibi, S.PD

Dikatakan Habibi, sudah menjadi tugas masing-masing sekolah untuk bagaimana menarik agar pelajar atau wali murid untuk menyekolahkan anaknya di sekolah mereka. 

Apalgi, sambung Habibi, setiap sekolah diminta untuk berinovasi agar meningkatkan kepercayaan masyarakat. 

Dan diakuinya, penyebab minimnya peserta didik baru karena kurangnya inovasi dari sekolah tersebut,

"Dengan dikitnya jumlah peserta didik baru tentu resikonya adalah Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang akan diterima juga sedikit," akunya.

Dan untuk jumlah peserta didik baru secara keseluruhan, untuk tingkat SD berjumlah 1.710 peserta didik baru yang tersebar di 92 sekolah negeri maupun swasta. Rinciannya, 919 orang laki-laki dan 791 orang perempuan. Sementara, untuk tingkat SMP tercatat ada 1.631 peserta didik baru yang tersebar di 26 sekolah.

"Kami berharap setiap sekolah bisa terus berlomba dalam berinovasi. Sehingga pada PPDB tahun ajaran berikutnya sekolah bisa menjadi sekolah favorit bagi peserta didik baru," tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: