10 Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

10 Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

Ilustrasi Kurikulum Merdeka Belajar-foto internet-

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong mencatat ada sebanyak 10 sekolah di Kabupaten Lebong yang telah menerapkan kurikulum merdeka. Bahkan, masih ada 6 sekolah penggerak di Kabupaten Lebong yang juga akan segera menerapkan kurikulum merdeka. 

"10 sekolah ini mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA yang ada di Lebong. Sedangkan untuk sekolah penggerak, mereka wajib untuk menerapkan kurikulum merdeka belajar," kata Kabid Pendidikan dan Pembinaan Dinas Dikbud Lebong, Habibi, S.Pd.

Dirincikannya, 10 sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka belajar ini diantaranya 6 SD, 2 SMP, 1 SKB dan 1 SMK. 

BACA JUGA:Target Siswa Baru di SMKN 1 Lebong Belum Tercapai BACA JUGA:Target Siswa Baru di SMKN 1 Lebong Belum Tercapai

"Saat ini belum diwajibkan untuk menerapkan kurikulum tersebut, masih dikembalikan pada kesanggupan sekolah masing-masing," terangnya. 

Rencananya penerapan kurikulum ini baru akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang. Tetapi masih dikembalikan pada kesanggupan pihak sekolah. 

"Kurikulum merdeka belajar ini intinya agar siswa bisa mendalami minat dan bakatnya masing-masing. Misalnya, jika dua anak dalam satu keluarga memiliki minat yang berbeda, maka tolok ukur yang dipakai untuk menilai tidak sama. Kemudian anak juga tidak bisa dipaksakan mempelajari suatu hal yang tidak disukai sehingga akan memberikan otonomi dan kemerdekaan bagi siswa dan sekolah," tambahnya. 

 

Sumber: