Pengembangan Pariwisata Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Pengembangan Pariwisata Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Senator Muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief tampak mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno.--

BENGKULU, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ke Bumi Raflesia Provinsi Bengkulu.

Mendapat apresiasi dari Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief.

Ia pun mendukung penuh atas atensi khusus dari Menparekraf berupa pengembangan desa wisata di Provinsi Bengkulu yakni Desa Belitar Seberang yang masuk dalam nominasi 50 besar nasional sebagai Desa Wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

"Insya Allah pengembangan desa wisata ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Bengkulu. Dengan tumbuhnya ekonomi kesejahteraan masyarakat meningkat, pengangguran teratasi, kemiskinan terhapus, kebudayaan maju, alam lestari dan lingkungan semakin sehat," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Selasa (2/8/2022).

Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, Bumi Rafflesia memiliki potensi desa wisata yang dilengkapi dengan obyek wisata alam dan wisata sejarah sehingga bila semua tersusun dengan sistematis maka akan mendatangkan keuntungan yang luar biasa.

"Menparekraf bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu serta kabupaten/kota dan juga wakil-wakil Bengkulu di pusat dapat berkolaborasi mengembangkan potensi wisata-wisata hebat ini agar terkenal secara luas di luar wilayah Bengkulu hingga ke seluruh dunia," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

BACA JUGA:ASI Eksklusif, Masa Depan Bangsa

Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini menekankan, salah satu bentuk upaya kongkrit yang sederhana yang dapat dilakukan pemerintah daerah di tengah-tengah masyarakat adalah mengembangkan budaya senyum dan keramahan dalam bingkai religiusitas.

"Untuk yang butuh dana besar seperti jalan dan pembangunan fasilitas pendukung lainnya wakil-wakil Bengkulu di DPR bisa gunakan kewenangannya, wakil-wakil di DPD kawal sisi regulasinya, singkatnya, semua punya peran," imbuhnya.

Dewan Penasehat DPD Generasi Anti Narkoba Nasional (GANN) Provinsi Bengkulu ini menambahkan, potensi yang tak kalah penting adalah perayaan tahun baru Islam dalam bentuk Festival Tabut yang tahun ini terasa begitu semarak.

"Pandemi covid-19 hampir berlalu. Industri pariwisata dan ekonomi kreatif perlahan-lahan bangkit. Bengkulu jangan kehilangan momen. Seluruh masyarakat bisa ikut berpartisipasi mempromosikan Bengkulu lewat media sosialnya masing-masing," demikian Hj Riri Damayanti John Latief.

Sumber: