10 Puskesmas Menuju Peningkatan Akreditasi

10 Puskesmas Menuju Peningkatan Akreditasi

Kepala Dinas Kesehatan Lebong Rachman MSI-Foto Dokumentasi-

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID - 10 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Lebong tahun ini akan diakreditasi.

Puskesmas yang masih terakreditasi dasar, ditargetkan bisa naik menjadi Madya. Sementara 5 Puskesmas yang sudah madya ditarget bisa naik ke utama.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman, SKM menargetkan 1 Puskesmas yang saat ini sudah terakreditasi utama yakni Puskesmas Muara Aman Kecamatan Lebong Utara bisa naik ke Paripurna, sedangkan 5 Puskesmas yang saat ini masih madya bisa naik ke utama.

"Selama dua tahun terakhir tidak dilaksanakan akreditasi, kondisi itu lantaran dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Maka di tahun 2022 ini ada 10 Puskesmas yang kembali akan di akreditasi," kata Rachman.

BACA JUGA:Peningkatan Akreditasi RSUD Lebong Tak Semudah Itu, Ada Syaratnya

Lebih jauh Rachman menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sudah mulai melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi  akreditasi tersebut, bahkan ditargetkan Puskesmas Muara Aman yang saat ini terakreditasi utama bisa meningkat ke akreditasi paripurna.

" Mudah-mudahan dalam pelaksanaan akreditasi nantinya dapat berjalan dengan lancar," lanjutnya.

Ditambahkannya, jika akreditasi Puskesmas ini merupakansalah satu cara untuk menilai mutu dan kualitas pelayanan Puskesmas, sehingga diharapkan segala standar pelayanan di Puskesmas yang ada di Kabupaten Lebong untuk bisa dilengkapi dan diperbaiki, terutama sistem pelayanan terhadap masyarakat.

"Akreditasi itu wajib dilakukan kepada seluruh Puskesmas, tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat," singkatnya. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: