Cagar Budaya Serban Kuning, Jadi Tempat Tongkrongan Remaja

Cagar Budaya Serban Kuning, Jadi Tempat Tongkrongan Remaja

BINGIN KUNING, radarlebong.disway.id - Kondisi Cagar Budaya Serban Kuning yang berada di Desa Karang Dapo Bawah Kecamatan Bingin Kuning semakin memprihatinkan. Bagaimana tidak, cagar budaya yang seharusnya dijaga dan dilestarikan diwilayah itu malah dijadikan sebagai tempat tongkrong para remaja sampai dini hari hari. 

Padahal, cagar budaya berupa keramat itu telah dipercaya memiliki sejarah dan nilai budaya begitu tinggi, sayangnya malah di jadikan sebagai tempat tongkrong, bahkan membuat warga setempat ikut terganggu. 

Fahrurrozi (56), warga Karang Dapo Bawah mengaku jika cagar budaya berupa serban kuning tersebut kerap dijadikan tempat tongkrongan remaja. Meski demikian, mereka (remaja,red) bukanlah warga Karang Dapo melainkan remaja dari desa lain.                                                                                                                                          BACA JUGA:Belum Seluruh Desa se Lebong Tengah Ikut Turun Tanam II

"Para remaja yang sering nongkrong di cagar budaya itu, bukanlah warga kami, melainkan warga dari desa lain yang sengaja datang untuk nongkrong hingga larut malam, bahkan sampai dini hari," katanyanya. 

Lebih jauh, dirinya memastikan bahwa bukan remaja dari desanya, yang kerap nongkrong dilokasi keramat tersebut. Karena memang warga tidak berani berbuat sembarang pada keramat tersebut, apalagi melakukan perbuatan yang tidak terpuji. 

"Kalau warga di desa ini tidak berani bermain di situ, apalagi berbuat yang tidak-tidak. Karena memang cagar budaya itu kami nilai memiliki sejarah dan nilai yang tinggi," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: