Jelang Idul Adha, Pencurian Hewan Ternak Rawan

Jelang Idul Adha, Pencurian Hewan Ternak Rawan

-Foto Ist- Anggota Polsek Rimbo Pengadang memeriksa hewan ternak yang akan masuk ke Lebong.

LEBONG, radarlebong.com - Kepolisian Sektor (Polsek) Rimbo Pengadang mengimbau masyarakat setempat agar tetap waspada terhadap aksi pencurian dengan sasaran hewan ternak yang biasanya marak terjadi menjelang hari raya Idul Adha, termasuk kepada pengusaha tempat penjualan hewan ternak.

Kapolres Lebong, AKBP. Awilzan, SIK melalui Kapolsek Rimbo Pengadang Ipda, M. Hasan Basri mengaku jika saat ini pihaknya sudah mengintensifkan patroli sekaligus mengerahkan Bhabinkantibmas untuk ikut mengawasi dan mengontrol wilayah-wilayah yang menjadi sentra peternakan, baik kambing, sapi maupun kerbau.

"Kepada peternak yang berada di wilayah Kecamatan Rimbo Pengadang diimbau untuk waspada dan ekstra hati-hati. Karena momen perayaan seperti ini, bisa saja dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan," kata Kapolsek. 

Lanjut Kapolsek, untuk mengantisipasi hal ini masyarakat bisa melakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengunci setiap kandang hewan ternak mereka. Tidak melepas sembarangan hewan ternak mereka pada siang atau malam hari. Selain itu, hewan ternak milik mereka juga jangan terlalu sering lepas dari pengawasan.

BACA JUGA:Waspada, Ada 8.678 Dosis Vaksin Covid-19 Kadaluarsa Masih Tersimpan di Gudang Obat Puskesmas

"Jangan lepas sembarangan hewan ternak tanpa pantauan. Meskipun belum ada laporan aksi pencurian ternak, namun kita imbau warga tetap harus waspada," imbuhnya.

Selain mewaspadai terjadinya pencurian hewan ternak, masyarakat juga diimbau untuk meningkatkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dimasing-masing wilayah desa. Diharapkan pihak pemerintah desa bersama-sama dengan masyarakat bisa mengaktifkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

"Dengan diaktifkannya siskamling, selain akan memberikan rasa aman yang lebih kepada masyarakat. Juga semakin memperkuat persatuan masyarakat disuatu desa dan pihaknya juga selalu melakukan patroli untuk menekan tindak kejahatan," demikian Kapolsek. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: