Tingkatkan Kualitas Kehumasan, Bawaslu Lebong Gelar Pelatihan Jurnalistik

Tingkatkan Kualitas Kehumasan, Bawaslu Lebong Gelar Pelatihan Jurnalistik

LEBONG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lebong menggelar pelatihan jurnalistik dalam rangka untuk meningkatkan kualitas kehumasan, peliputan dan dokumentasi di era digital saat ini. Pelatihan yang digelar di ruang Media Centre Bawaslu Lebong ini kemarin (25/11) diikuti oleh seluruh anggota humas Bawaslu Kabupaten Lebong.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lebong, Jefriyanto, SP, dalam sambutannya membuka pelatihan jurnalistik ini kemarin menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan pihaknya dalam upaya untuk memenuhi hak masyarakat atas informasi publik khususnya pada tugas pokok dan fungsi melalui website milik Bawaslu.

"Melalui kegiatan ini saya berharap anggota humas Bawaslu kedepannya dapat memberikan informasi yang baik dan menarik kepada masyarakat mengenai kegiatan yang dilakukan Bawaslu. Di era saat ini, peran humas yang berkualitas sangat penting. Tidak hanya memberikan informasi kepada masyarakat namun juga untuk melawan hoax," ungkapnya.

Ditambahkan, Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Lebong, Sabdi Destian, S.Sos, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi staf Bawaslu dalam menuliskan hasil pengawasannya pada Formulir Model A. Pengisian formulir ini, sambungnya, tak jauh berbeda dengan sistematika penulisan berita yang menggunakan rumus 5W+1H.

Pelatihan jurnalistik ini menghadirkan Pemimpin Redaksi (Pemred) Radar Lebong, Debi Antoni, sebagai narasumber untuk berbagi pengetahui tentang cara mudah menulis berita. Kepada peserta pelatihan, Debi menyampaikan hal terpenting sebelum melakukan penulisan berita adalah menentukan topik.

"Vitamin dari menulis adalah membaca, penting bagi jurnalis untuk memperkaya referensi terhadap topik yang akan diangkat menjadi berita. Setiap tulisan akan menarik jika ia mempunyai angle (sudut, red) yang menarik. Kemudian, jangan beropini dalam menulis berita, laporkan saja apa adanya," jelasnya. (rls/bawaslu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: