Selaraskan Tahapan Pilkades, PMDSos Gelar Bimtek

Selaraskan Tahapan Pilkades, PMDSos Gelar Bimtek

LEBONG - Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III, pada 14 Desember 2021 mendatang. Kemarin, Jum'at (29/10), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Kabupaten Lebong, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dengan peserta  camat dan panitia Pilkades setiap desa.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyelaraskan tahapan pelaksanaan Pilkades gelombang III sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Pilkades.

Plt. Kepala Dinas PMDSos Kabupaten Lebong, Hartoni, SP, M.Si mengatakan, pihaknya melaksanakan bimtek untuk menertibkan panitia dan peserta calon yang akan mengikuti kompetisi pesta demokrasi tingkat desa .

"Intinya, bimtek ini mensinkronisasikan panitia dan para calon kades dalam tahapan sesuai dengan Permendagri pelaksanaan Pilkades, agar berjalan lancar," katanya.

Selain itu, tambahnya, dengan adanya kesepakatan bersama antara panitia, kepala desa (Kades), camat dan BPD, serta jajaran panitia kabupaten untuk menyepakati unsur-unsur dan persyaratan pelaksanaan Pilkades ini.

"Jadi, apapun keputusannya nanti itu kesepakatan bersama," terangnya.

Dan, lanjutnya, kepada tugas panitia Pilkades tetap melaksanakan dan merealisasikan apa saja keputusan hasil bimtek secara bersama - bersama.

"Mulai dari gastarlihnya, pendaftaran mata pilih, hingga dengan penetapan bakal calon tetap. Seluruh tahapan Pilkades mesti dijalankan sesuai jadwal dan tetap mengacu pada aturan berlaku ," demikian Hartoni. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: