Ponpes Nurul Qur'an, Pilot Project Ponpes Ekonomi Tingkat Nasional

Ponpes Nurul Qur'an, Pilot Project  Ponpes Ekonomi Tingkat Nasional

LEBONG - Setelah melewati masa seleksi yang di ikuti oleh 37.000 ribu Pondok Pesantren (Ponpes) se-Indonesia. Akhirnya, Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama menetapkan Ponpes Nurul Qur'an merupakan salahsatu pilot project Ponpes Ekonomi tingkat nasional.

Itu dibuktikan dengan, masuknya Ponpes Nurul Qur'an Lebong dalam 20 besar dari 100 ponpes ekonomi se Indonesia.

Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Qur'an Lebong, Ustad M Nanang Tantowi  sangat bersyukur atas perolehan capaian tersebut.

"Alhamdulillah kami bersyukur  melalui binaan Bank Indonesiaa Kantor Perwakilan Provinsi Bengkulu, Pondok Pesantren Nurul Qur'an terpilih sebagai pilot project nasional dalam kemandirian ekonomi pesantren. Ini tentunya selaras dengan tujuan kita untuk terus berpacu dalam pengembangan bisnis syari'ah untuk meningkatkan ekonomi pesantren dan mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi skala nasional" kata Ustad Nanang

Selanjutnya, pihaknya di tuntut lebih mengembangkan usaha budidaya lebah trigoan tersebut sebagai bekal yang akan di salurkan kepada pondok pesantren lainnya yang menjadi memulai kegiatan budidaya serupa.

"Nantinya di tahun 2022 kita akan membina pondok pesantren yang mau memulai berbudidaya usaha madu trigona ini, dan tentunya bagi siapapun masyarakat yang ingin belajar, semaksimal mungkin akan kita berikan materi pembelajaran," bebernya

Selain itu, dengan sumber daya yang pihaknya miliki, dan dengan bantuan penyertaan modal pengembangan usaha, pihaknya yakin dapat berkontribusi untuk negeri dalam hal ekonomi berbasis syariah, selain sasaran utamanya adalah pondok pesantren yang tidak kalah pentingnya lagi adalah untuk masyarakat luas pada umumnya.

"Tujuannya jelas untuk masyarakat, namun jika pondok pesantrennya itu sendiri belum matang, maka akan sulit juga untu memberi kontribusi kepada masyarakat," pungkasnya (pry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: