Polsek LT Terbanyak Layani Sengketa Tanah Warisan

Polsek LT Terbanyak Layani Sengketa Tanah Warisan

LEBONG TENGAH - Sepanjang tahun 2021, Polsek Lebong Tengah terbanyak dalam melayani sengketa tanah atau sengketa lahan warisan.

Kapolsek Lebong Tengah, IPTU Kuat Sentosa, SH menuturkan pihaknya hanya sebatas memberikan layanan konsultasi hukum danĀ  penyelesaian secara musyawarah.

"Kalau di wilayah kerja kami ini kebanyakan dari Semelako dan Ujung Tanjung. Namun sekali lagi, kami ini sifatnya sebagai penengah, bukan ranah penyelesaian kasus," ungkap Mas Kuat, panggilan akrabnya.

Selain itu, lanjutnya pihaknya mengarahkan ke musyawarah mufakat antar masyarakat itu sendiri.

"Karena kalau tidak selesai, maka potensi konflik sengketa ini bisa jadi berdampak pada konflik yang lebih besar, terlebih lagi terjadi pada lingkungan rumah tangga dan antar sesama keluarga," terangnya,

Dan hingga saat ini, sambungnya, pihaknya belum menemukan laporan khusus terkait konflik keluarga yang dengan pemicu masalah sengketa lahan atau tanah waris.

"Yang jelas, jika dilakukan musyawarah penyelesaian, kita arahkan untuk melibatkan pemerintah desa dan pemerintah kecamatan, agar persoalan tidak berlarut-larut," pungkasnya. (pry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: