Lebong Belum Masuk 10 Besar Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi

Lebong Belum Masuk 10 Besar Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi

LEBONG - Meskipun Bupati Lebong Kopli Ansori telah menetapkan Desa Seblat Ulu sebagai Desa Wisata tingkat kabupaten. Bersama, dengan 2 desa lainnya yakni Desa Sungai Gerong Kecamatan Amen, dan Desa Kota Baru Santan Kecamatan Pelabai sebagai perwakilan Kabupaten Lebong dalam ajang Lomba Desa Wisata tingkat provinsi.

Namun, berdasarkan pengumuman dari Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu pada tanggal 28 Oktober lalu. Kabupaten Lebong belum masuk 10 besar sebagai peserta lomba desa wisata.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lebong Neti Herawati melalui Kabid Pariwisata Wayan Sukanta, M.Pd mengatakan meski belum masuk urutan 10 besar dalam lomba desa wisata. Setidaknya, hal ini bisa menjadikan pembelajaran untuk mengembangkan desa wisata di Kabupaten Lebong. "Apalagi ajang lomba desa wisata ini memang baru pertama kali dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, " kata Wayan.

Makanya, lanjut Wayan, ajang tersebut bakal dijadikan ajang tahunan oleh Pemprov Bengkulu. Artinya, ditahun depan ajang lomba ini akan kembali dilaksanakan.

"Kedepan semoga setiap desa yang fokus dalam pengembangan potensi wisata, agar mulai mempersiapkannya lebih matang lagi mulai dari sekarang. Apalagi kriteria penilaiannya kan sudah diketahui. Tinggal lagi mulai mempersiapkannya dari sekarang," terang Wayan.

Ditambahkannya, Wayan, ditahun berikutnya pihaknya akan menargetkan jumlah desa yang mewakili Kabupaten Lebong dalam ajang lomba desa wisata tersebut ditahun depan bisa bertambah minimal 10 desa yang akan dipersiapkan.

"Kami akan mempersiapkannya supaya lebih matang lagi, dan desa yang akan ikuti ajak ini lebih bisa mematangkan potensi wisatanya," demikian Wayan.(bye)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: