Harga Bapokting Mulai Merangkak Naik

Harga Bapokting Mulai Merangkak Naik

LEBONG - Menjelang memasuki Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) pada natal tahun baru 2021, sejumlah harga kebutuhan Bahan Pokok dan Penting (Bapokting) dalam wilayah Kabupaten Lebong mengalami kenaikan cukup signifikan.

Plt. Kepala Disperindagkop dan UKM Lebong, Iwan Jang Jaya, SE, melalui Kabid Perdagangan, Arnaldi Sucipto, ST, ME, didampingi Kasi Perlindungan Konsumen dan Pengawasan, Yuliana Sartika, SP, menjelaskan harga kebutuhan mengalami kenaikan , seperti harga minyak goreng kemasan sebelumnya Rp 16 ribu menjadi Rp 18 ribu per liter, cabai dari Rp 35 ribu per kilogram menjadi Rp 50 ribu, selanjutnya telur dari Rp 40 ribu per karpet menjadi Rp 44 ribu.

"Iya, dari hasil pemantauan harga yang kami lakukan memang terdapat sejumlah bapokting mengalami kenaikan harga. Kenaikan ini sudah berlangsung sejak beberapa pekan terakhir," kata Yuliana.

Lebih jauh, dirinya menyebut kenaikan harga , seperti minyak goreng kemesan mengalami kenaikan lantaran tingginya harga buah sawit. Sedangkan, cabai dan telur naik akibat kurangnya ketersedian stok yang tidak seimbang dengan tingginya permintaan.

"Selain tiga bahan pokok ini, untuk harga bapokting lainnya masih stabil. Seperti ayam potong per kilogram Rp 40 ribu, bawang Rp 26 ribu, gula Rp 13 ribu per kilo gram," sampainya.

Menurutnya, kenaikan harga bapokting berkemungkinan masih akan terus terjadi, mengingat sebentar lagi akan memasuki Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) natal tahun 2021.

"Akan terus kita awasi peredaran bapokting, sehingga tidak ada oknum yang menimbun barang yang bisa meresahkan masyarakat," tutupnya. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: