Dorong Percepatan Pembangunan Melalui Puja Indah

Dorong Percepatan Pembangunan Melalui Puja Indah

BENGKULU UTARA - Bupati Bengkulu Utara Ir Mian didampingi Asisten II Setdakab BU, Kepala Bapendalitbang BU dan Staf Kasubbid Bapendalitbang BU menghadiri Rapat Koordinasi bersama Badan Litbang Kemendagri, terkait Penandatanganan Pernyataan Komitmen Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah), yang dihadiri oleh seluruh kepala daerah, Provinsi, Kabupaten/Kota di Indonesia, melalui zoom meeting Jum'at (26/11).

Dalam kesempatan ini, Bupati dan jajarannya mendengar langsung arahan Kepala Badan Litbang Kemendagri, Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si. Dalam penyampaiannya, beliau mengatakan Penandatanganan Pernyataan Komitmen Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) ini bertujuan mendorong percepatan ketertinggalan pembangunan sebuah daerah dengan melakukan percepatan pembangunannya dengan menggunakan sistem informasi, berupa aplikasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas serta saling integrasi secara nasional.

"Inovasi yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dilaksanakan dengan membangun Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) yang akan menjadi poros inovasi pemerintahan Kabinet Kerja Republik Indonesia berbasis kepentingan seluruh Rakyat, dengan memodifikasi bersama oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota," ujarnya.

Lebih lanjut, disampaikan Kepala Badan Litbang Kemendagri Drs. Agus Fatoni , perangkat daerah yang melaksanakan Fungsi Kelitbangan dengan Layanan yang tersedia pada Puja Indah akan langsung terkoneksi secara langsung pada aplikasi Puja Indah. Puja Indah memiliki fitur Layanan Trantib Linmas yakni "Layanan Penyampaian Keluhan Masyarakat" yang berbentuk seperti Informasi Hukum Daerah, Informasi Bencana Alam yang diKelola Dinas/Badan, Kasatpol, dan BPBD. Selanjutnya Layanan Aspirasi, yang merupakan Penyampaian Masyarakat kepada Anggota DPRD dan eksekutif, yang di kelola terintegrasi oleh Sekwan, Sekda dan perangkat daerah.

"Pada saat ini terdapat 13 Layanan yang tersedia pada aplikasi Puja Indah seperti layanan fokus pada, Kesehatan, Pendidikan, Ketenagakerjaan, Kependudukan, Komoditas Aspirasi, Trantib, Pekerjaan Umum, Administrasi Pemerintahan Sosial, Perhubungan, Pariwisata dan Layanan tematik E- ternak," bebernya.

Melihat arahan ini, terlihat BUpati beserta jajarannya menyimak. Mengingat, hal ini merupakan hal yang bersifat penting, sehingga dibutuhkan informasi yang sejelas-jelasnya. (aer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: