Disperensip Permudah Pengujung Cari Buku

Disperensip Permudah Pengujung Cari Buku

LEBONG TENGAH - Dari 6 ribu eksemplar buku, tercatat sudah lebih dari 6000 judul buku yang telah terinput di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lebong (Disperensip) guna mempermudah pengunjung cari koleksi buku.

Selain itu juga, untuk mengembangkan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi. Namun demikian, saat ini software INLISlite Lebong masih menggunakan versi 2.12 yang tentunya merupakan Pekerjaan Rumah untuk di kembangkan ke versi terbaru, yaitu versi 3.

"Jadi di INLISlite versi 3 itu, pengunjung kita bisa mencari buku yang di inginkan melalui komputer yang telah tersemat software INLISlite. Sehingga mengemat waktu dan tenaga pengunjung. Begitu juga sebaliknya, ketika pengunjung mengembalikan buku, kita lebih mudah mengembalikan buku yang di pinjam ke tempat semula," jelas Plt Kepala Disperensip Lebong, Yuliana SSos, melalui Kabid Pengelolaan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, Riza Susanti, SSos.

Lebih lanjut di terangkannya, bahwa sebanyak 16 ribu koleksi yang telah terinput ke INLISlite itu sendiri memiliki tema yang beragam. Namun secara umum, pihaknya mengkategorikan menjadi 9 kategori.

"Buku kategori Agama, Karya Umum, Kesusastraan, Geografi, Sejarah, Ilmu Bahasa, Tekonologi, Ilmu Terapan, dan Sosial Budaya. Dan dengan 8 kategori itulah kita memiliki lebih dari 6000 lebih judul buku," sebutnya.

Sementara itu, untuk sementara itu, pihaknya tengah berupaya untuk memperbaiki sistem teknologi perpustakaan, dengan melakukan studi banding ataupun berkonsultasi dengan, pihak layanan Perpustakaan Provinsi Bengkulu.

"Tentu dengan semakin cepatnya informasi tersebar melalui telepon genggam, disamping itu juga membuat layanan perpustakaan ini penting untuk terus di tingkatkan, agar tidak lekang termakan oleh zaman dan mesti memiliki daya tarik lebih agar masyarakat tetap mau berkunjung ke Perpustakaan di tengah arus teknologi informasi saat ini," pungkasnya. (pry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: