Air Terjun 7 Tingkat, Terkendala Akses Jalan

Air Terjun 7 Tingkat, Terkendala Akses Jalan

LEBONG - Meski kaya akan potensi wisata namun sayangnya hal ini belum didukung sarana dan prasana yang memadai. Contohnya, air terjun 7 tingkat yang berada di Kecamatan Pinang Belapis yang hingga saat ini masih terkendala akses jalan sehingga belum dapat diakses oleh wisawatan.

Camat Pinang Belapis, Erwantoni S.Pd, menjelaskan jika potensi wisata air terjun 7 tingkat ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat baik masyarakat di Kabupaten Lebong maupun luar Kabupaten Lebong. Hanya saja, karena belum didukung akses jalan yang memadai sehingga potensi wisata ini belum bisa digarap maksimal dan bisa menjadi salah satu aset wisata andalan dalam Kabupaten Lebong.

"Tahun ini, usulan pembangunan jalan ke lokasi wisata ini sudah disampaikan oleh pemerintah desa dalam Musrenbangcam sebagai salah satu kegiatan skala prioritas. Saat ini, untuk menjangkau lokasi ini hanya tersedia jalan setapak yang sudah dibangun melalui dana desa," katanya.

Selain itu, lanjutnya, akses jalan yang belum memadai ini tentunya berpengaruh pada tingkat kunjungan masyarakat ke lokasi wisata tersebut. Padahal, jika dikembangkan secara serius dirinya meyakini jika air terjun 7 tingkat ini dapat menjadi salah satu wisata andalan di Kabupaten Lebong.

"Seiring dengan peningkatan akses jalan, tentunya mesti dilakukan pembinaan terhadap pengelolaan objek wisata tersebut. Disamping bisa menjadi salah satu sektor pendapatan bagi daerah tentunya hal ini dapat ikut mendorong peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar," lanjutnya.

Dirinya pun memastikan jika usulan pembangunan jalan menuju akses wisata air terjun 7 tingkat ini bakal disampaikan pihaknya pada Musrenbang tingkat Kabupaten. Diharapkan, agar usulan ini dapat menjadi perhatian bagi Pemkab Lebong untuk dapat diakomodir pada rencana pembangunan selanjutnya.

"Usulan ini nanti akan kami sampaikan pada Musrenbang tingkat Kabupaten. Mudah-mudahan saja, rencana itu nanti bisa diakomodir sehingga potensi wisata ini bisa digarap dengan maksimal," harapnya. (rak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: