58 Cakades Deklarasikan Pilkades Damai

58 Cakades Deklarasikan Pilkades Damai

LEBONG - 58 Calon Kepala Desa (Cakades) di Kabupaten Lebong usai mencabut nomor urut di aula Pemkab Lebong kemarin (29/11), langsung mendeklarasikan Pilkades Damai. Seluruh Cakades menandatangani spanduk deklarasi damai Pilkades serentak gelombang III yang sudah disiapkan Dinas PMDSos Lebong.

Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Drs. Fahrurozi, M.Pd, mengungkapkan Pilkades merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Karena itu, ia pun berpesan kepada panitia dan seluruh yang terlibat agar melaksanakan tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Saya berpesan kepada panitia dan seluruh yang terlibat, bekerjalah secara jujur dan laksanakan tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya.

Untuk mengurangi terjadinya konflik dalam pelaksanaan Pilkades ini, ia juga meminta seluruh cakades agar berkampanye secara sehat. Apalagi, Pilkades ini pasti akan menimbulkan ketegangan politik antar masyarakat.

"Mari kita jaga situasi yang kondusif dengan melaksanakan kampanye secara sehat. Jangan mudah terprovokasi isu-isu negatif yang beredar. Dan saya juga meminta agar penandatangan deklarasi Pilkades damai ini tidak hanya seremonial saja, tapi ini merupakan bentuk komitmen kita semua untuk menjaga Pilkades berjalan dengan damai," tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Lebong, AKBP. Icsan Nur, SIK menyampaikan, bahwa perhelatan Pilkades ini rawan terjadinya konflik ditengah masyarakat masyarakat. Dirinya mengingatkan kepada panita untuk dapat lebih memperketat pelaksanaan protokol kesehatan mengingat hingga saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Kami berharap pihak-pihak yang terlibat jangan mudah terpancing provokasi yang disengaja dilakukan oknum tertentu untuk menganggu tahapan Pilkades. Dan tetap patuhi prokes, agar Pilkades tidak menjadi cluster baru penyebaran corona di Lebong," pungkasnya. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: