Ini Sederet Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami

Kamis 03-10-2024,14:20 WIB
Reporter : Miya Diosi
Editor : Miya Diosi

RADARLEBONG.ID- Orang yang baru berhenti merokok atau yang sudah bertahun-tahun menghirup asap rokok, tentu paru-parunya perlu dibersihkan.

Kendati demikian, membersihkan paru-paru tidak bisa sepenuhnya menghilangkan kerusakan akibat merokok selama bertahun-tahun, tapi hal ini berguna untuk "detoksifikasi".

Berikut 7 cara detoksifikasi untuk membersihkan paru-paru, antara lain:

1. Minum Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan penurun peradangan, yang juga bisa membantu melindungi jaringan paru-paru akibat dampak berbahaya dari menghirup asap.

BACA JUGA:5 Bahan Alami Yang Bisa Anda Konsumsi Untuk Menjaga Kesehatan Rahim dan Kesuburan

2. Jauhi Vaping

Sejatinya, ahli dan dokter masih mempelajari risiko jangka panjang dari rokok elektrik alias vape.

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa vaping membuat paru-paru manusia kurang mampu membersihkan lendir, hingga hal itu bisa menyebabkan infeksi.

Dalam hal ini, satu-satunya hal yang harus kamu hirup ke dalam paru-paru adalah udara yang murni dan bersih, dan obat-obatan yang diresepkan. Selain itu, tidak ada hal lain yang aman.

3. Hindari Polutan

Menghindari polutan di udara seperti asap, bahan kimia, debu, maupun virus bisa membantu menjaga kesehatan dan fungsi paru-paru.

Untuk menghindari polutan bisa dilakukan dengan cara menghindari tempat-tempat yang berpolusi udara tinggi.

Kalaupun harus berada di tempat tersebut, pastikan menggunakan masker untuk menyaring udara.

Sebuah studi tahun 2020 yang dimuat dalam National Library of Medicine oleh Ching-Wen Wu, dkk. dari University of California, penelitian pada hewan menemukan bahwa paparan udara yang disaring bisa menurunkan produksi lendir di paru-paru.

Kategori :