5 Perawatan Diri di Pagi Hari Untuk Penderita Psoriasis

Senin 19-08-2024,13:11 WIB
Reporter : Miya Diosi
Editor : Miya Diosi

Ingatlah untuk selalu menggunakan SPF broadband di seluruh area kulit Anda, dan keluarlah pada jam-jam di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terik, seperti pagi hari.

3. Kelola stres

Menurut Harvard Health Publishing, para ilmuwan berhipotesis bahwa stres memicu pelepasan zat kimia dalam tubuh yang menyebabkan respons peradangan.

Reaksi pro-inflamasi ini dapat menyebabkan psoriasis kambuh. Oleh karena itu, penting untuk belajar mengendalikan stres Anda.

Menambahkan kebiasaan yang menenangkan di awal hari dapat membantu. Berolahraga juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres (dan menjaga kesehatan secara keseluruhan).

Ditambah lagi, berolahraga juga memiliki beberapa manfaat untuk psoriasis, kata Dr. Chang.

4. Mandi

"Mandi di pagi hari dapat sangat bermanfaat bagi penderita psoriasis untuk menghidrasi kulit dan melembutkan plak psoriasis," kata Dr. Chang.

Air hangat dapat membantu menghilangkan sisik dengan lembut tanpa menyebabkan trauma pada kulit, imbuhnya.

Mandi membantu mempersiapkan kulit untuk penggunaan perawatan topikal dan pelembap.

Kulit yang lembap dapat lebih mudah menyerap berbagai hal seperti pelembap dan perawatan topikal lainnya.

5. Oleskan pelembab

Pelembab penting untuk memberikan hidrasi pada kulit dan membantu melindungi lapisan kulit.

"Mereka yang menderita psoriasis biasanya memiliki tingkat kehilangan air transepidermal (TEWL) yang lebih tinggi dan tingkat hidrasi kulit yang lebih rendah," kata Dr. Chang.

Pada orang yang menderita psoriasis, penggunaan emolien dapat meningkatkan fungsi penghalang kulit, menurut sebuah studi kecil Juli 2021 di Life (Basel) .

Cari bahan yang melembabkan seperti ceramide, asam hialuronat, dan gliserin yang efektif menjaga lapisan pelindung kulit.

Kategori :