5 Makanan Tinggi Sodium Jangan Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Jumat 09-08-2024,12:12 WIB
Reporter : Miya Diosi
Editor : Miya Diosi

RADARLEBONG.ID- Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja.

Tekanan darah tinggi terjadi karena beberapa hal, salah satunya akibat mengonsumsi makanan tinggi natrium.

Sodium (garam) merupakan mineral penting yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan, fungsi saraf, dan kontraksi otot.

Namun asupan sodium yang berlebihan bisa memicu berbagai komplikasi kesehatan, terutama jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi yang biasa disebut dengan hipertensi.

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab Minum Kopi Bikin Perut Jadi Tidak Nyaman

Menurut pakar kesehatan, mengonsumsi makanan tinggi sodium bisa memperburuk gejala hipertensi dan meningkatkan risiko kesehatan jantung.

Demi kesehatan Anda, kamu harus mengetahui makanan tinggi sodium mana yang harus Anda hindari untuk mengatur tingkat tekanan darah Anda.

Sangat penting untuk mengurangi konsumsi garam saat mengobati hipertensi (tekanan darah tinggi).

Hal ini menjadi lebih penting di musim panas karena konsumsi garam berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan efek cuaca panas pada tekanan darah.

Adapun beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari bagai penderita tekanan darah tinggi yaitu berikut ini karena dalam berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. 

1. Beberapa sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, beberapa sayuran berdaun hijau seperti seledri, bayam, wortel, dan bit mengandung banyak garam yang bisa memengaruhi tingkat tekanan darah Anda.

2. Keju

Meskipun keju merupakan sumber kalsium dan protein yang baik, keju juga sering kali mengandung banyak garam dan lemak jenuh.

Ini berarti makan terlalu banyak keju bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) dengan meningkatkan tekanan darah dan kolesterol.

Kategori :