Catat 5 Cara Mengatasi Baterai HP Gampang Lowbat, Tanpa Ganti Hardware

Senin 22-07-2024,14:31 WIB
Reporter : Miya Diosi
Editor : Miya Diosi

Jika Anda menggunakan HP untuk bekerja dan harus membiarkannya menyala sepanjang hari, mematikan fungsi getar akan memperpanjang masa pakai baterai berjam-jam.

3. Hindari Wallpaper Terang

Menggunakan wallpaper yang terang dan cerah memang bagus untuk tampilan HP Anda, tetapi tidak begitu bagus untuk masa pakai baterai.

Mereka akan membutuhkan lebih banyak energi untuk membuat warna cerah itu muncul di layar Anda.

Jadi jika Anda ingin menghemat baterai, coba gunakan wallpaper bernuansa gelap agar tidak memerlukan banyak energi untuk menggunakannya.

Anda bisa menggunakan hitam atau biru tua daripada kuning atau pink neon.

4. Menjaga siklus pengisian daya

Salah satu cara agar HP tidak cepat habis baterai adalah dengan menjaga siklus pengisian daya secara teratur.

Maksudnya, Anda bisa mengisi daya HP setiap baterai menunjukkan angka 20% dan mencabut kabel charger ketika baterai mencapai 80%.

Selain dapat membuat baterai HP lebih tahan lama, cara ini juga dapat menjaga siklus baterai HP agar tidak merusak sistem di dalamnya.

5. Perhatikan suhu

Memerhatikan suhu saat menggunakan HP sangat penting karena suhu ekstrem, baik terlalu panas maupun terlalu dingin, dapat berdampak negatif pada kinerja baterai.

Saat terlalu panas, seperti saat HP terpapar langsung sinar matahari atau diletakkan di atas permukaan yang panas, baterai cenderung bekerja lebih keras untuk menjaga suhu dan ini dapat mempercepat pengosongan daya.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan HP dalam kondisi suhu ekstrem dan hindari meninggalkannya di tempat yang panas seperti dalam mobil yang terpapar langsung sinar matahari.

Di sisi lain, suhu terlalu dingin juga dapat merugikan kinerja baterai HP.

Ketika terlalu dingin, baterai menjadi kurang efisien dalam menghasilkan daya, yang mengakibatkan pengosongan daya lebih cepat dari biasanya.(*)

Kategori :