BPBD Lebong Gandeng PLN Babat Pohon Rawan Tumbang Dipinggir Jalan

BPBD Lebong Gandeng PLN Babat Pohon Rawan Tumbang Dipinggir Jalan

Tebang: BPBD dan PLN Muara Aman membersihkan pohon rawan tumbang dipinggir jalan Jalang Talang Ulu kemarin. -Foto Ist-

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Sebagai salah satu daerah rawan bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong terus berupaya meminimalisir potensi terjadinya bencana.

Salah satunya dengan cara memangkas hingga menebang pohon yang dinilai rawan tumbang yang berada dipinggir jalan utama mulai Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara hingga Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei.

Plt. Kepala BPBD Lebong, Tantomi, SP melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lebong, Hendra Surya, kemarin (11/8) mengatakan setidaknya ada 50 titik pohon yang menjadi sasaran pembersihan ini. 

"Pembersihan ini kita lakukan secara bertahap dari mulai Desa Talang Ulu hingga Kelurahan Tubei," ungkapnya. 

BACA JUGA:145 Atlet Taekwondo BU Uji Nyali Kejuaraan Open III Se-Sumatera

Dijelaskannya, upaya ini untuk meminimalisir potensi pohon tumbang saat terjadi angin kencang yang dinilai dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan dan juga mengganggu pasokan listrik untuk masyarakat. 

"Yang ditebang hanya pohon yang dinilai rawan tumbang. Seperti pohon yang sudah berumur lama dan kebanyakan jenis sengon yang mudah patah," tambahnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Kami imbau masyarakat untuk tetap waspada. Potensi bencana alam seperti tanah longsor, banjir hingga pohon tumbang bisa terjadi kapan saja," demikian Hendra. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: