Tips Kurangi Anak-Anak Konsumsi Makanan Tinggi Gula

Tips Kurangi Anak-Anak Konsumsi Makanan Tinggi Gula

Tips kurangi anak-anak konsumsi gula-foto:tangkapan layar-

RADARLEBONG.ID- Dokter spesialis anak dan konsultan gizi dr Yoga Devaera membagikan tips mengurangi pola makan tinggi gula pada anak.

Yoga mengatakan kesukaan seseorang terhadap rasa manis biasanya terbentuk sejak dini dan akan bertahan hingga dewasa ketika tidak diintervensi dengan tepat.

Dia menyampaikan ketika anak sudah terlanjur terbiasa dengan rasa manis, maka bisa dilakukan intervensi secara bertahap.

“Orang tua bisa memulainya pelan-pelan mengurangi gula. Misal, jika anak minum susu dengan dua sendok makan gula, maka dikurangi sedikit demi sedikit,” katanya, dikutip dari Antara,

BACA JUGA:Waspada Pemberian Susu Anak-Anak, Bakteri Berbahaya Dalam Susu Fonterra

Kemudian ketika anak terbiasa minum susu dengan rasa tertentu, semisal stroberi atau cokelat maka orang tua tidak bisa langsung beralih memberinya susu putih tanpa rasa.

Anak kemungkinan tidak akan langsung mau untuk beralih minum susu putih tanpa rasa. Oleh karena itu, harus dimulai pelan, semisal menggantinya wadah terlebih dahulu.

“Ganti wadahnya, misal dari kotak ke gelas dengan memakai susu yang sama. Setelah terbiasa, mulai campur susu tanpa rasa dan terus tambahkan proporsinya secara bertahap,” ujarnya.

Yoga mengungkapkan proses membentuk kebiasaan lebih sehat ini membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan berbulan-bulan.

Sedangkan untuk orang dewasa supaya bisa beralih ke pola makan rendah gula bisa dilakukan lebih cepat, asal ada motivasi kuat.

“Untuk anak, prosesnya kadang butuh waktu yang lama. Tetapi bisa dilakukan. anak yang terbiasa makanan manis, bisa dilatih mengurangi keinginan terhadap rasa manis,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: