Bahaya Penggunaan Laptop Dengan Kondisi Dicharger

Bahaya Penggunaan Laptop Dengan Kondisi Dicharger

Bahaya Penggunaan Laptop Dengan Kondisi Dicharger -foto:tangkapan layar-

RADARLEBONG.ID- Laptop menjadi salah satu perangkat yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Laptop dipakai mulai dari bekerja hingga mencari hiburan seperti bermain game atau streaming film favorit.

Seringkali aktivitas yang dilakukan pengguna di laptop tidak bisa dihentikan atau ditunda meski daya baterai laptop sudah mau habis.

Mau tidak mau, biasanya orang lebih memilih untuk main laptop sambil dicas. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan di kalangan pengguna laptop. Apakah bahaya laptop dicas sambil digunakan?

Sebagian orang berpendapat bahwa mengisi daya laptop sambil digunakan akan membuat laptop overcharge tapi sebagian lainnya meyakini bahwa main laptop sambil dicas justru membuat baterainya lebih awet. Lantas manakah yang boleh dan tidak boleh?

BACA JUGA:Tablet Bisa Menggantikan Laptop: Mitos atau Fakta?

Sebenarnya boleh saja main laptop sambil dicas, bahkan untuk laptop gaming sangat direkomendasikan untuk dicas sambil digunakan karna jika tidak justru akan menurunkan performa laptop tersebut dan tidak menggunakan potensi sepenuhnya untuk menghemat penggunaan baterai laptop.

Namun perlu diingat, bahwa tidak semua laptop boleh dicas sambil digunakan. Hanya perangkat laptop yang sudah memiliki fitur auto cut yang boleh dimainkan sambil dicas.

Saat ini rata-rata laptop sudah punya fitur auto cut dimana fitur ini akan berfungsi secara otomatis untuk memutus arus listrik ke baterai saat laptop sudah dicas.

Fitur inilah yang mencegah baterai laptop kembung atau overcharged karena ketika posisi laptop sudah penuh akan tetap aman, laptop tersebut menggunakan listrik yang dihantarkan oleh AC adapter.

Justru baterai dapat berfungsi sebagai stabilizer jika arus listrik tidak stabil.

Meskipun kebanyakan laptop memiliki fitur auto cut, penggunaan berlebihan juga dapat mengurangi umur baterai.

Oleh karena itu, bijak untuk mengimbangi kebutuhan pengisian daya dengan waktu bermain yang sesuai, dan memastikan ventilasi laptop tetap optimal.

Menghindari kebiasaan mengisi daya laptop sambil digunakan bisa menjadi langkah bijak untuk menjaga kesehatan perangkat milikmu.

Lalu apa alasan sebaiknya menghindari main laptop sambil dicas, di antaranya sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: