Fakta Ungkapkan Semakin Lama Konsumsi ASI, Anak Semakin Cerdas

Fakta Ungkapkan Semakin Lama Konsumsi ASI, Anak Semakin Cerdas

Fakta Ungkapkan Semakin Lama Konsumsi ASI, Anak Semakin Cerdas-foto :tangkapan layar-

BACA JUGA:Waspadai Pemanis Buatan Pada Minum Kaleng di Warung

Kaitan antara aktivitas menyusui dan tingkat kepandaian anak juga semakin kuat ketika peneliti, mengamati anak-anak yang diberi ASI secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupannya.

Setelah menginjak usia tujuh tahun, dilaporkan adanya penambahan poin pada tes IQ verbal si anak, menjadi empat perlima lebih banyak untuk setiap bulannya, dibandingkan anak-anak yang tak pernah disusui.

Dengan kata lain, skornya akan bertambah menjadi 4,8 jika anak-anak diberi ASI eksklusif di enam bulan pertama kehidupannya.

Hasilnya pun terlihat hampir sama pada tes non verbal meski tidak signifikan.

Tapi yang membedakan studi Harvard ini dengan studi-studi sebelumnya adalah, peneliti juga mengamati variabel-variabel lain seperti IQ sang ibu,

tingkat pendidikan, dan depresi pasca melahirkan yang mungkin terjadi pada sang ibu, pendapatan keluarga dan kondisi lingkungan di sekitar rumah, termasuk ras, etnisitas, jenis kelamin dan berat lahir si bayi.

"Hasilnya, kami mampu memperoleh perkiraaan yang masuk akal tentang hubungan antara durasi menyusui dan IQ si anak pada usia sekolah," kata ketua tim peneliti dan asisten profesor kedokteran anak dari Harvard Medical School, Dr. Mandy Belfort, seperti  dilansir laman NBCnews

Namun Belfort mengaku tak tahu secara pasti mengapa ASI dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

"Segala jenis nutrisi yang penting bagi pertumbuhan bayi juga ada di dalam susu formula. Tampaknya ada hal lain yang kami belum ketahui, yang meskipun kecil tapi memberikan efek yang signifikan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: