Spesifikasi dan Harga Terbaru Smartphone Pintar Huawei Mate X5

Spesifikasi dan Harga Terbaru Smartphone Pintar Huawei Mate X5

Huawei Mate X5 -foto:tangkapan layar-

RADARLEBONG.ID- Huawei Mate X5 hadir dengan chipset kirin 9.000s yang merupakan chipset canggih dengan fabrikasi 7 nm.

HP lipat ini dibekali dengan spesifikasi yang mengesankan dan unggul di kelasnya. Huawei Mate X5 didukung dengan spesifikasi di antaranya, layar eksternal berukuran 6,4 inci dan layar bagian dalam 7,85 inci.

Kehadiran chip Kirin 9000s SoC mengejutkan banyak pejabat pemerintah AS.

Sebab peraturan ekspor AS melarang Huawei, tanpa izin khusus, memperoleh chip mutakhir dari pabrikan mana pun yang menggunakan suku cadang buatan Amerika untuk memproduksi komponen tersebut.

BACA JUGA:HP Huawei Mate X5 Dilengkapi Kamera Telefoto 12MP Dengan 5X Optical Zoom

Selain itu, untuk memproduksi chip 7nm, pabrikan chip biasanya menggunakan mesin litografi ultraviolet ekstrim (EUV) untuk mengetsa pola sirkuit pada wafer silikon.

Hanya satu perusahaan di dunia, perusahaan Belanda ASML, yang membuat mesin ini dan perusahaan tersebut mendukung tuntutan AS untuk tidak mengirimkan mesin EUV apa pun ke China.

Huawei telah menerima lisensi khusus yang memungkinkannya membeli chip Snapdragon Qualcomm yang diubah agar tidak mendukung sinyal 5G dan chipset tersebut mendukung lini Mate 50 tahun lalu dan seri P60 tahun ini.

Namun untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, Huiawei mengusung chip Kirin buatan sendiri yang mendukung 5G pada perangkat barunya.

Memang Kirin 9000s masih tertinggal dari chip A16 Bionic yang digunakan iPhone 14 Pro.

Pun begitu dengan pembatasan ekspor, pemerintah AS penasaran bagaimana Huawei mampu membuat Kirin 9000s yang mendukung 5G. Investigasi pun bakal dilakukan untuk mengungkap hal tersebut.

Spesifikasi Huawei Mate X5

Huawei Mate X5 punya dua layar. Layar bagian luar berukuran 6,4 inch dengan panel OLED LTPO, resolusi 1.080 x 2.504 pixel, refresh rate 120Hz dan aspek rasio 20,9:9.

Sementara di bagian dalam pakai panel OLED LTPO berukuran 7,85 inch dengan resolusi 2.224 x 2.496 pixel dan adaptive refresh rate 120Hz. Kedua layar Mate X5 memiliki dukungan 1,07 miliar warna, menawarkan gambar yang nyata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: