Desa Karang Anyar Sudah 1 Bulan Laksanakan MT II, Apakah Teror Serangan Hama Mulai Mengancam?

Desa Karang Anyar Sudah 1 Bulan Laksanakan MT II, Apakah Teror Serangan Hama Mulai Mengancam?

Tanaman padi MT2 di Desa Karang Anyar yang masih aman dari serangan tikus.-foto :carles/radarlebong-

LEBONG.RADARLEBONG.ID -Musim Tanam Kedua (MT2) padi di Desa Karang Anyar, Kecamatan Lebong Tengah, telah berlangsung selama satu bulan.

Pertumbuhan tanaman padi yang subur masih aman dari serangan hama tikus.

Rodi (50), salah satu petani peserta MT2, menjelaskan bahwa tanamannya telah berumur sekitar satu bulan. Pemupukan pertama telah dilakukan, dan pemupukan kedua akan segera menyusul. Saat ini, petani tengah melakukan penyemprotan rumput.

"Kami sudah melakukan pemupukan sekali, dan sekarang sedang melakukan penyemprotan rumput. Setelah itu, kami akan melakukan pemupukan kedua," kata Rodi kepada Radar Lebong kemarin.

BACA JUGA:HUT RI ke-79: Desa Semelako I Percantik Lingkungan dengan Bendera dan Baliho

Meskipun saat ini tanaman padi aman dari serangan hama, Rodi tetap waspada. Menurutnya, padi sangat rentan terhadap serangan hama tikus setelah berumur 45 hari karena mulai harum dan bunting.

"Saat ini masih aman dari serangan hama, tetapi kami tetap waspada, terutama karena kondisi musim kemarau sangat rawan serangan hama tikus," ungkap Rodi.

Koordinator Penyuluh (Korlu) Lebong Tengah, Astita, SP, membenarkan bahwa MT2 di Lebong Tengah masih aman dari serangan hama, terutama tikus. Namun, ia menekankan pentingnya pengendalian hama secara rutin.

"Meskipun belum ada serangan hama, kami meminta petani untuk tetap melakukan pengendalian hama secara rutin karena lebih baik mencegah sebelum terjadi. Apabila sudah diserang, maka pengendalian akan menjadi lebih sulit," tandas Astita.

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: