Marak Malware Perbankan! Kenali Ciri-Ciri dan Cara Melindungi Diri di Android

Marak Malware Perbankan! Kenali Ciri-Ciri dan Cara Melindungi Diri di Android

Marak Malware Perbankan! Kenali Ciri-Ciri dan Cara Melindungi Diri di Android-foto :tangkapan layar/youtube@NewsBOT Network-

RADARLEBONG.ID - Peningkatan aktivitas Trojan perbankan NATA yang menargetkan pengguna di Eropa telah diamati oleh para peneliti keamanan selama empat bulan terakhir.

Malware ini disebarkan melalui aplikasi penetes (dropper) yang dihosting di Google Play, dengan setidaknya 150.000 infeksi dilaporkan sejak November.

Kampanye NATA disesuaikan dengan wilayah geografis tertentu, termasuk Inggris, Jerman, Spanyol, Slovakia, Slovenia, dan Republik Ceko.

Aplikasi penetes ini dirancang untuk mencapai puncak kategori gratis baru di Google Play, sehingga meningkatkan kredibilitas dan tingkat keberhasilan mereka.

BACA JUGA:Waspada! 4 Malware Berbahaya Mengintai di Play Store, Lindungi Smartphone Android Anda!

Aplikasi penetes sekarang menggunakan proses infeksi multi-tahap dan mengeksploitasi layanan aksesibilitas Android untuk melewati langkah-langkah keamanan hingga Android 13.

Para peneliti Threat Fabric telah menyoroti bahwa kampanye NATA menggunakan aplikasi peramban PDF dan pembersih palsu untuk menipu pengguna.

Salah satu aplikasi tersebut, "Phone Cleaner File Explorer," mencatatkan lebih dari 10.000 unduhan, sementara "PDF Reader File Manager" melampaui 100.000 unduhan.

Google telah menghapus sebagian besar aplikasi penetes NATA dari Play Store, kecuali aplikasi pembaca PDF.

BACA JUGA:7 Tanda Hp Android Terkena Malware, Cegah Sebelum Terlambat!

Jumlah total unduhan diperkirakan akan meningkat seiring dengan gelombang serangan baru yang diluncurkan dengan aplikasi penetes baru.

Penggunaan pendekatan multi-tahap dan penyalahgunaan layanan aksesibilitas oleh kampanye NATA menimbulkan risiko signifikan bagi pengguna Android, yang berpotensi mengarah pada penipuan keuangan.

Pengguna disarankan untuk:

Menelaah izin aplikasi dengan hati-hati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: