Benarkah Pertalite Dihapus Tahun 2024 dan Apa penggantinya?

Benarkah Pertalite Dihapus Tahun 2024 dan Apa penggantinya?

Benarkah Pertalite Dihapus Tahun 2024 dan Apa penggantinya--Ilustrasi

RADARLEBONG.ID - PT Pertamina (Persero) mengusulkan penghapusan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite pada tahun 2024. Penghapusan Pertalite akan digantikan dengan Pertamax Green 92.

Dikutip dari kompas.com, usulan ini disambut positif oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Dia menyetujui apabila Pertamina dapat menghasilkan Pertamax Green 92 tanpa beban tambahan, penghapusan Pertalite dapat direalisasikan.

"Boleh saja kalau tanpa beban tambahan," ujarnya, Senin (15/1/2024).

Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina, mengungkapkan bahwa penghapusan Pertalite di 2024 merupakan bagian dari Program Langit Biru. Program ini bertujuan meningkatkan oktan BBM secara bertahap.

BACA JUGA:Bansos PKH 2024 Cair, Begini Cara Mengetahui Apakah Anda Penerima

BACA JUGA:7 Perusahaan Plat Merah Ditutup oleh Kementerian BUMN Pekan Ini

"Tahap pertama melibatkan penghapusan BBM RON 88 (Premium) menjadi BBM RON 90 (Pertalite). Sekarang, pada tahap kedua, diusulkan untuk mengganti BBM RON 90 (Pertalite) dengan BBM RON 92 (Pertamax)," jelas Nicke.

Saat ini, Pertamina masih melakukan kajian internal terkait rencana pergantian dari Pertalite ke Pertamax Green 92. Nicke Widyawati berharap agar Pertamax Green 92 dapat menjadi BBM yang disubsidi oleh pemerintah jika diizinkan.

Pertamina menilai bahwa Pertamax Green 92 lebih ramah lingkungan sesuai dengan upaya pemerintah untuk mencapai nol emisi karbon (net zero emission/NZE) pada tahun 2060.

"Pergantian ini diusulkan untuk memberikan BBM yang lebih baik dengan harga yang sama, meningkatkan octane number (RON), kinerja mesin yang lebih baik, dan menurunkan emisi," kata Nicke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: