Nasib Pjs Kades di Lebong yang Dilaporkan ke Bawaslu Lebong Segera Diputuskan

Nasib Pjs Kades di Lebong yang Dilaporkan ke Bawaslu Lebong Segera Diputuskan

Nasib Pjs Kades di Lebong yang Dilaporkan ke Bawaslu Lebong Segera Diputuskan -Foto : Dokumentasi/radarlebong-

RADARLEBONG.ID - Ini sepatutnya menjadi peringatan yang sangat penting bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar benar-benar berhati-hati dan tidak terlibat dalam dukungan kepada calon legislatif dari manapun.

Menyusul,  dua laporan baru yang menyebutkan adanya dugaan tak netralnya Pjs Kepala Desa berstatuskan ASN di Kabupaten Lebong belum lama ini.

Lebih mengejutkan lagi, tindak serius pun dilakukan terhadap laporan-laporan tersebut.

Bawaslu Lebong telah mengambil langkah dengan memanggil kedua ASN yang terlibat untuk dimintai klarifikasi, dan saat ini proses ini masih berlangsung, dengan keputusan yang akan segera diambil.

BACA JUGA:Diduga Tak Netral, Pjs Kades Dilaporkan ke Bawaslu Lebong

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Bawaslu Lebong, Acep Pebrian Utama, S.TP, M.AP, menjelaskan bahwa panggilan kepada Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa dilakukan dengan tujuan memastikan kebenaran terkait dugaan pelanggaran netralitasnya.

Laporan tersebut mengindikasikan keterlibatan Pjs Kades dalam berfoto bersama baliho seorang Calon Legislatif DPRD Provinsi.

"Proses klarifikasi kasus ini masih terus berlanjut dengan tahapan pemanggilan sebanyak 3 kali," ungkap Acep.

Tidak hanya terlapor yang dipanggil, namun beberapa saksi juga sudah memberikan klarifikasi. Sayangnya, pihak pelapor, meskipun diundang dua kali untuk klarifikasi, belum juga datang memenuhi undangan dari Bawaslu.

BACA JUGA:Tekankan Netralitas ASN Lebong Jelang Pemilu 2024

Meski begitu, Bawaslu tetap akan memanggil pihak pelapor untuk hadir.

"Proses ini harus ditempuh dengan cepat, dan tanggal 15 Januari, kasus ini harus sudah tuntas dan menghasilkan keputusan," terang Acep dengan tegas.

Selanjutnya, Acep mengungkapkan bahwa Bawaslu Kabupaten Lebong juga menerima laporan terkait penemuan berkas nama-nama calon legislatif di halaman kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lebong.

Prosesnya masih dalam tahap kajian awal dan pelengkapan bukti-bukti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: