Manfaat Matahari Pagi untuk Kesehatan dan Kualitas Tidur

Manfaat Matahari Pagi untuk Kesehatan dan Kualitas Tidur

Manfaat Matahari Pagi untuk Kesehatan dan Kualitas Tidur--ilsutrasi (pixabay)

RADARLEBONG.ID - Matahari pagi adalah sumber energi alami yang dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kualitas tidur.

Paparan cahaya matahari di pagi hari dapat membantu meningkatkan kewaspadaan sepanjang hari, meningkatkan kualitas tidur di malam hari, dan bahkan mengurangi risiko penyakit tertentu.

Manfaat Matahari Pagi untuk Kesehatan

  • Meningkatkan kewaspadaan: Paparan cahaya matahari di pagi hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, yang merupakan jam biologis yang mengatur berbagai fungsi tubuh, termasuk pola tidur. Cahaya matahari membantu tubuh memproduksi hormon melatonin, yang mengatur siklus tidur.
  • Meningkatkan kualitas tidur: Paparan cahaya matahari di pagi hari dapat membantu tubuh memproduksi hormon serotonin, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

BACA JUGA:Memahami Gejala dan Mengenal Gangguan Stres Pascatrauma (PTSD)

  • Mengurangi risiko penyakit: Paparan cahaya matahari di pagi hari juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit tertentu, seperti depresi, obesitas, dan diabetes.

Cara Berjemur pada Matahari Pagi dengan Aman dan Efektif

  • Waktu terbaik: Waktu terbaik untuk berjemur di matahari pagi adalah dalam lima hingga lima belas menit pertama setelah bangun tidur. Pada saat ini, tubuh paling sensitif terhadap cahaya matahari.
  • Durasi: Durasi paparan cahaya matahari yang dianjurkan bervariasi tergantung pada kondisi cuaca dan sensitivitas mata individu. Pada hari yang cerah, paparan selama lima menit sudah cukup, sedangkan pada hari berawan atau hujan, bisa mencapai 20 hingga 30 menit.
  • BACA JUGA:6 Tanda Jantung Bermasalah yang Perlu Diwaspadai

Kesimpulan

Manfaat matahari pagi bagi kesehatan dan kualitas tidur sangatlah penting.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat memperoleh manfaat maksimal dari paparan cahaya matahari di pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: