Update Terbaru Penerima Bantuan Sosial di Lebong Tahun 2023

Update Terbaru Penerima Bantuan Sosial di Lebong Tahun 2023

Update Terbaru Penerima Bantuan Sosial di Lebong Tahun 2023--

RADARLEBONG.ID - Pemerintah Kabupaten Lebong, melalui Dinas Sosial (Dinsos) Lebong, terus melakukan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) penerima Bantuan Sosial (Bansos).

Berdasarkan data sementara, terjadi pengurangan sebanyak 2.096 jiwa dari total 54.070 penerima bansos di Kabupaten Lebong.

Penurunan ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kematian, status PNS, kelulusan dari program, atau penilaian bahwa penerima sudah mampu mandiri.

Kepala Dinsos Lebong, H. Drs. Ahmad Ghozali, melalui Kabid Lindungan Jaminan Sosial (Linjamsos), Jusraweni, SE, menjelaskan bahwa pengurangan ini merupakan hasil dari verifikasi DTKS yang dilakukan sejak Januari hingga Oktober di seluruh kecamatan Kabupaten Lebong.

BACA JUGA:Yuk Cek Bansos Oktober 2023 Terbaru: PKH, BPNT, PIP dan Bantuan Lainnya untuk Kesejahteraan Anda

"Menurut hasil verifikasi, terjadi penurunan 300 KPM warga di kecamatan yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai penerima bansos," kata Jusraweni.

Sementara itu, terjadi penambahan 299 jiwa sebagai penerima bansos, khususnya dari kalangan lansia, keluarga kurang mampu, dan penyandang disabilitas.

Verifikasi DTKS dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan sosial disalurkan dengan sasaran yang tepat, serta mengidentifikasi warga yang benar-benar membutuhkan bantuan.

"Kami berharap agar warga yang merasa sudah mampu secara mandiri dapat mundur dari program penerima bansos. Saat ini, jumlah DTKS di Kabupaten Lebong mencapai 52.273 jiwa," tambah Jusraweni. (wlk)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: