Mengapa Hari Ayah Nasional dan Hari Ayah Sedunia Berbeda? Ini Penjelasannya

Mengapa Hari Ayah Nasional dan Hari Ayah Sedunia Berbeda? Ini Penjelasannya

Mengapa Hari Ayah Nasional dan Hari Ayah Sedunia Berbeda? Ini Penjelasannya--ilustrasi

Meskipun sudah dirayakan sejak lama, perayaan Hari Ayah Sedunia tidak mendapatkan pengakuan resmi dari pemerintah hingga tahun 1966, ketika Presiden Lyndon B. Johnson mengeluarkan proklamasi presiden pertama untuk menghormati ayah, yang dirayakan pada hari Minggu ke-3 di bulan Juni.

Kemudian, pada masa pemerintahan Presiden Richard Nixon, Hari Ayah Sedunia diresmikan dan diundangkan menjadi undang-undang pada tahun 1972.

Hari Ayah Nasional di Berbagai Belahan Dunia

Selain Hari Ayah Sedunia yang diperingati setiap hari Minggu ke-3 di bulan Juni, berbagai negara di dunia memiliki Hari Ayah Nasional pada tanggal yang berbeda. Contohnya seperti di Indonesia sendiri, Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November.

Di Thailand, Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 5 Desember. Banyak negara lain juga memiliki Hari Ayah Nasional-nya masing-masing, dengan tanggal perayaan yang bervariasi sepanjang tahun, mulai dari bulan Januari hingga Desember.

Selain tanggal yang berbeda, masing-masing negara memiliki budaya dan ciri khasnya masing-masing untuk merayakan Hari Ayah.

Ada yang merayakan dengan membuat acara peringatan besar-besaran, ada yang merayakan dengan membuat hidangan atau kudapan khusus, ada pula yang merayakan sesuai dengan budaya leluhur yang melekat pada masing-masing negara.

Meskipun dirayakan pada tanggal dan dengan cara yang berbeda-beda, intinya tetap satu: Hari Ayah diperingati untuk memberikan penghormatan dan ucapan terima kasih maupun kasih sayang kepada sosok ayah yang ada di sekitar kita.

Entah sedarah maupun tidak, masih hidup atau pun sudah meninggal, bahkan jika sosok tersebut bukanlah ayah kamu, melainkan kakak, saudara, teman, guru, atau siapapun itu, jika mereka terasa seperti sosok ayah bagi kamu, jangan lupa untuk mengucapkan "Selamat Hari Ayah" kepada mereka, ya!

Selamat Hari Ayah Nasional, ayah-ayah hebat di seluruh Indonesia! Selamat Hari Ayah Nasional juga, untuk kamu yang mungkin bukan seorang ayah, tetapi telah menjalani kehidupan layaknya seorang ayah karena keadaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: